Cara Menyambungkan WIFI Dengan Mudah Menggunakan Leptop 100%

Posted on

`

Untuk kesempatan kali ini di blog kami akan membahas tentang cara menyambungkan WIFI dengan memakai leptop. Marilah kita menyimak pengertian dan manfaat dari WIFI tersebut:

Pengertian wifi secara umum yaitu koneksi internet nirkabel. Yang berarti perangkat Anda tidak terikat pada lokasi tetap dalam sebuah properti. Anda lihat, wifi mentransmisikan koneksi internet melalui sinyal radio khusus. Yang memungkinkan kita untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain, tanpa gangguan ke koneksi internet kita. Cara menyambungkan wifi dengan perangkat komputer, android atau Apple kita juga tidak memerlukan kabel.

Ini jelas sangat berguna untuk pengguna laptop, tablet, dan perangkat seluler. Setelah terhubung ke wifi, akses ke internet tiba-tiba jauh lebih nyaman dan fleksibel. Wifi adalah teknologi nirkabel yang digunakan semua perangkat internet untuk online tanpa mengotak-atik kabel.

Home wifi internet bisa dilakukan melalui router nirkabel. Yang pada dasarnya adalah sebuah piranti yang mentransmisikan dan menerima sinyal nirkabel antara koneksi internet dan perangkat internet. Untuk berkomunikasi dengan router dan terhubung ke wifi, perangkat harus memiliki adaptor nirkabel. Sebagian besar perangkat yang mendukung internet saat ini dilengkapi dengan adaptor nirkabel bawaan. Tetapi komputer yang lebih lama mungkin memerlukan adaptor plug-in agar dapat terhubung ke internet secara nirkabel.

Cara menyambungkan Wifi 

Langkah-langkah berikut ini dijalankan melalui langkah-langkah umum yang perlu dilakukan oleh setiap orang untuk terhubung ke internet melalui wifi.

Langkah 1 :
Pastikan Anda berada dalam cakupan router wifi aktif.

Langkah 2 :
Pastikan bahwa perangkat yang akan Anda gunakan mampu menghubungkan ke internet dan mampu menghubungkan ke wifi.

Langkah 3 :
Cari tahu nama jaringan wifi tempat router di lokasi Anda melakukan transmisi. Benar, setiap jaringan wifi memiliki namanya sendiri. Kadang-kadang ini bisa menjadi urutan angka dan huruf acak jika ditetapkan secara default pada router. Tetapi banyak orang sering mempersonalisasi nama jaringan wifi untuk membantu pengguna mengidentifikasi pemiliknya.

Nama jaringan wifi pada leptop

Langkah 4 :
Setelah Anda mengetahui nama jaringan wifi, gunakan perangkat yang Anda pilih untuk menemukannya. Ini akan bervariasi antar perangkat (tergantung apakah Anda menggunakan komputer Windows atau Mac, atau perangkat seluler). Namun, proses untuk menyambung ke wifi secara umum sama. Navigasi ke pengaturan wifi => nyalakan wifi => klik pada nama jaringan wifi Anda => klik “dihubungkan”.

Proses Connected Wifi pada leptop

Langkah 5 :
Banyak jaringan wifi dibuat pribadi, dengan akses dibatasi melalui kata sandi. Jika jaringan wifi pilihan Anda dilindungi kata sandi, pada titik ini Anda akan diminta memasukkan kata sandi tersebut. Pastikan Anda mengetahuinya dan kemudian ketikkan password tersebut pada perangkat. Anda telah berhasil mengikuti langkah cara menyambungkan wifi.

WIFI telah berhasil tersambung

Cara Menyambungkan Wifi di Rumah

Cara menyambungkan wifi menggunakan PC/Leptop

Apa yang Anda perlukan:

  1. Sebuah router Nirkabel
  2. Sistem operasi Windows 7 dengan adaptor nirkabel internal atau adaptor terpisah.

Berikut ini petunjuk langkah-langkah untuk terhubung ke wifi :

  • Langkah 1

Siapkan router nirkabel Anda. Sebagian besar penyedia internet sekarang menyediakan router nirkabel sebagai standar, seperti Telkom. Saat menyiapkannya, penting untuk memberikan keamanan yang sesuai. Sehingga komputer Anda tidak dapat dimasuki oleh siapa pun kecuali Anda.

  • Langkah 2

Periksa apakah komputer Anda memiliki adaptor nirkabel internal. Laptop terbaru umumnya memilikinya, tetapi sebagian besar komputer desktop tidak memilikinya. Untuk memeriksa apakah ada adaptor bawaan Anda dapat mencari ‘Pengelola perangkat’ di komputer Anda. Kemudian temukan ‘Display adapters’. Jika ada adaptor wifi, ikon wifi juga akan muncul di tray sistem di sudut kanan bawah layar pada Windows 7. Jika Anda tidak memiliki adaptor nirkabel, Anda harus membelinya untuk dihubungkan ke salah satu port USB komputer Anda. Adaptor harus diberikan lengkap dengan petunjuk tentang cara menggunakannya untuk terhubung ke jaringan nirkabel. Untuk laptop pilih ikon Network pada system tray. Ikon yang muncul tergantung pada status koneksi Anda saat ini. Jika Anda tidak melihat salah satu ikon jaringan, pilih ikon Panah atas untuk melihat apakah ikon itu muncul di sana.

  • Langkah 3

Untuk terhubung ke jaringan nirkabel, klik ikon wifi. Anda sekarang bisa melihat daftar jaringan yang tersedia.

  • Langkah 4

Untuk terhubung ke jaringan, klik saja namanya. Jika jaringannya aman dan ini pertama kalinya Anda menggunakannya, Anda memerlukan kata sandi. Jika itu adalah jaringan rumah Anda, penyedia internet Anda akan memberi Anda kata sandi. Nah, ini adalah tahap akhir dari cara menyambungkan wifi dengan perangkat Anda. Disini Anda harusnya sudah terkoneksi pada jaringan wifi Anda.

Jika Anda akan menggunakan koneksi yang sama secara sering, Anda dapat mencentang kotak untuk terhubung secara otomatis. Itulah tips mudah untuk menyambungkan perangkat anda dengan cepat dan mudah. semoga artikel ini bisa membantu kawan-kawan semua, – terima kasih –