Cara Ampuh Servis Kipas Angin Yang Tidak Berputar Dan Dengung Di Jamin Berhasil

Posted on

Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak. Apakah anda sering mengalami masalah dengan kipas angin anda, banyak masalah yang timbul akibat lamanya penggunaan kipas angin, salah satunya adalah Kipas Angin Tidak Berputar, Suara Kipas Berdengung, dan masih banyak lagi masalah teknik yang di alami oleh kipas angin.

Kipas Angin merupakan sebagai sarana penggerak motorik yang menghasilkan udara, salah satu tujuannya adalah menghilangkan panas dan juga menghilangkan gerak, apabila kipas anda terjadi kerusakan pastinya anda akan jengkel dan bingung.

Tidak perlu tergesa-gesa membawa kipas angin anda ke reparasai elektronik, dengan memahami sedikit rumus dan pengetahuan dasar mengenai komponone kipas angin, saya rasa dengan kejelian anda bisa Servis Kipas Angin Yang Rusak Tidak Mau Berputar.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi ini kepada anda semuanya Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Tidak Berputar dan Suara Dengung. dengan penjelasan yang saya berikan nantinya saya berharap anda bisa servis kipas angin yang rusak tanpa harus membawanya ke tukang servis kipas. cukup mudah kok cara servis kipas yang rusak ini.

Untuk menyingkat waktu langsung saja yuk kita bahas satu persatu Cara Servis kipas angin yang rusak tidak mau berputar. ok berikut penjelasannya;

Cara Servis Kipas Angin Tidak Mau Berputar Dan Suara Dengung

Memang Cara Memperbaiki kipas angin bisa dibilang gampang-gampang susah. Memperbaiki kipas angin rusak dikatakan mudah jika kerusakan tidak fatal yang meliputi pada bagian saklar, kabel putus atau hanya kapasitor saja, beda lagi halnya jika yang rusak dibagian lilitan motor listriknya, pasti akan sangat susah lagi, apalagi jika perbaikan yang tidak tepat akan mengakibatkan fatal dan kerusakan yang lebih lanjut. Sekarang ini orang mengambil mudahnya saja, jika kipas angin rusak langsung membawanya ke reparasi kalau tidak begitu mengganti motor penggeraknya atau jika sudah pasrah langsung beli baru.

Banyak sekali kasus kerusakan yang terjadi pada kipas angin, untuk itulah jika anda ingin memperbaikinya harus menganilasa terlebih dahulu dimana letak kerusakannya. baik dari arus listrik, penggeraknya / motorik. atau pada saklar, untuk lebih detail berikut beberapa cara memperbaiki kipas angin yang rusak tidak mau berputar maupun ada suara dengungnya.

Jika anda menjumpai kipas angin yang ngga bisa muter dan bahkan hanya berdengung / bergetar saja. Ngga usah buru2 membuangnya. Karena masih mungkin bisa anda perbaiki sendiri.

Sebenarnya kerusakan ini timbul dikarenakan oleh laher/bearing yang sudah aus. Sehingga mengakibatkan as kipas menyentuh liner kern.

Panduan / Cara Service Kipas Angin yang Tidak Berputar dan Berdengung adalah sebagai berikut;

1. Bongkar kerangka kipas angin beserta baling-balingnya. Serta buka baut yang mengikat kerangka gulungan/spul kipas angin secara perlahan-lahan dan hati2 jangan sampai kabel penghubung dengan gulungan terputus, karena akibatnya bisa fatal bila anda tidak bisa menemukan / menyambung kembali kabel yang putus.

cara-servis-angin-rusak

2. Lepaskan bearing dari rumahnya, dan coba perhatikan apakah benar telah terjadi ke-ausan pada liner bearing tersebut jika benar, berarti bearing harus diganti. bearing ini banyak dijumpai di pasaran dan harganya pun relatif murah.

servis-kipas-angin-berdengungservis-kipas-angin-tidak-berputarservis-kipas-angin-tidak-berputar

3. Setelah bearing diganti, sebelum kita menutup kembali (merakit kipas) tidak ada salahnya jika kita bersihkan semua kotoran yang menempel, caranya dengan menggunakan tiner atau bensin tapi jangan lupa sebelum dirakit harus kering dari bensin atau tiner. Yang paling utama adalah Bersihkan as kipas angin dengan kain yang bersih, kemudian berikan sedikit baby oil atau paslin (jangan terlalu banyak dan hanya asnya saja) yang terpenting permukaan as yang berhubungan langsung dengan laher/bearing terlumasi.

4. Setelah semuanya bersih dan dirangkai, kipas siap di coba.. hasilnya bisa di rasakan sendiri, sekarang kipas anda sudah bisa berfungsi secara normal

Nb. Kerusakan kipas tidak hanya di as leher saja, tetapi jika anda sudah mengikuti tutorial diatas masih belum berfungsi secara normal, silahkan bisa dicek secara keseluruhan, baik dari saklar, kabel ada yang putus atau tidak, ataupun pemasangan bearing / lahernya, pastikan anda melakukan tutorial diatas secara teliti, untuk mencegah kerusakan yang lebih fatal.

Demikian sedikit informasi dari materi tkj yang bisa dishare pada kesempatan kali ini yaitu, cara memperbaiki kipas angin yang rusak. jangan lupa share jika artikel ini membawa manfaat buat anda semuanya ya.