Pengertian Web, Fungsi Web, Unsur-unsur Web dan Cara Kerja Website

Posted on

4. E-Commerce
E-Commerce merupakan suatu kumpulan yang dinamis antara teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pada perpustakaan web bertujuan untuk menghubungkan antara perpustakaan yaitu melalui pemustaka dan pemustaka yang membuthkan informasi sehingga terjadinya hubungan yang saling mengutungkan kedua belah pihak.

5. E-Learning
Cisco menjelaskan filosofis e-learning sebagai berikut: Pertama, e-learning merupakan penyampaian informasi, komunikasi, pendidikan, pelatihan secara on-line. Kedua, e-learning menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai belajar secara konvensional (model belajar konvensional, kajian terhadap buku teks, CD-ROM, dan pelatihan berbasis computer) sehingga dapat menjawab tantangan perkembangan globalisasi.

Ketiga, e-learning tidak berarti menggantikan model belajar konvensional di dalam kelas, tetapi memperkuat model belajar tersebut melalui pengayaan konten dan pengembangan teknologi pendidikan. Keempat, kapasitas siswa dalam menguasai bahan yang disampaikan lewat e-learning amat bervariasi, tergantung bentuk, isi, dna cara penyampaiannya. Makin baik keselarasan antar konten dan alat penyampai dengan gaya belajar, semakin baik penguasaan siswa yang pada gilirannya akan memberikan hasilyang lebih baik.

6. Komunitas
Sebuah situs web yang dibuat dengan tujuan untuk memungkinkan pengunjung berkomunikasi secara bersamaan. Pengunjung bisa berbagi pengalaman, cerita, ide, dna lainnya, bisa juga mencari dan menambah teman, atau untuk membuat suatu perkumpulan baru.

7. Portal
Portal adalah aplikasi berbasis web yang menyediakan akses suatu titik tunggal dari informasi online terdistribusi, seperti dokumen yang didapat melalui pencarian, kanal berita, dan link ke situs khusus. Untuk memudahkan penggunaannya biasanya disediakan fasilitas pencarian dan pengorganisasian informasi.

8. Personal
Situs personal merupakan situs yang memiliki tujuan untuk mempromosikan atau menginformasikan tentang seseorang. Biasanya berisi tentang biodata, portofolio (kumpulan hasil karya yang pernah dibuat), prestasi, atau sebagai diary yang menceritakan kehidupan sehari-hari yang dipublish agar orang lain dapat mengetahui dna mengenal tentangnya.

Memahami Alamat Web

World Wide Web adalah koleksi besar file elektronik yang tersimpan di jutaan komputer di seluruh dunia. Hypertext link file-file ini bersama-sama. Uniform Resource Locators atau URL adalah alamat yang digunakan untuk menemukan file.

Informasi yang terkandung dalam URL memberi kemampuan untuk melompat dari satu halaman web yang lain hanya dengan klik. Ketika mengetik URL ke browser atau klik link hypertext, browser mengirim permintaan ke komputer remote, yang disebut server web, untuk men- download satu atau lebih file. Setiap URL unik, mengidentifikasi satu file tertentu.

Apa yang dari khas URL? Berikut adalah beberapa contoh :

http://belajar.kemdikbud.go.id/ Halaman Rumah Belajar Kemdikbud.

Halaman Facebook untuk Pusat Teknologi Informasi – Kemdikbud.

ftp://rtfm.mit.edu/pub/

Sebuah direktori file di MIT tersedia untuk di-download.

news : rec.gardens.roses

Sebuah newsgroup dengan topik berkebun

Bagian pertama dari URL ( sebelum dua garis miring ) memberitahu jenis sumber daya atau metode akses di alamat itu. Sebagai contoh:
http – dokumen hypertext atau direktori

ftp – file yang tersedia untuk di-download atau direktori file tersebut news – newsgroup
file – file yang terletak pada drive lokal komputer Anda

Bagian kedua biasanya adalah alamat komputer di mana data atau layanan berada. Bagian tambahan mungkin menentukan nama file, port untuk menghubungkan ke, atau teks untuk mencari dalam database.

Bagian-bagian dari URL

Sebuah URL lengkap umumnya terdiri dari tiga komponen : protokol, nama situs, dan path absolut ke dokumen atau sumber daya, seperti yang ditunjukkan pada Gambar berikut.

http://www.example.com / 2011/samples/first.html

Hal pertama yang dilakukan adalah URL menentukan protokol yang akan digunakan untuk transaksi tertentu. Surat-surat HTTP membiarkan server tahu untuk menggunakan Hypertext Transfer Protocol, atau masuk ke dalam “modus web”

www.example.com

Bagian berikutnya dari URL mengidentifikasi situs dengan nama domainnya. Dalam contoh ini, nama domain adalah example.com.

Bagian di awal adalah nama host tertentu di domain tersebut. Nama host ” www ” telah menjadi sebuah kesepakatan. Tetapi, kadang-kadang nama host dapat dihilangkan. Ada bisa lebih dari satu website di domain (kadang- kadang disebut subdomain). Misalnya, ada juga mungkin development.example.com, clients.example.com, dan sebagainya.

/ 2012/samples/first.html

Ini adalah path absolut melalui direktori pada server ke dokumen HTML yang diminta, first.html. Kata-kata dipisahkan oleh garis miring adalah nama direktori, dimulai dengan direktori root dari host ( seperti yang ditunjukkan oleh awal /), URL pada Gambar 2-1 mengatakan ingin menggunakan protokol HTTP untuk terhubung ke server web di Internet disebut www.example.com dan meminta first.html dokumen ( terletak di direktori sampel, yang di direktori
2012).

Sebagian dari URL yang akan menggunakan start dengan http, yang merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, metode yang file HTML yang ditransfer melalui Web. Berikut adalah beberapa hal-hal lain untuk mengetahui tentang URL :

Sebuah URL biasanya tidak memiliki spasi.

Sebuah URL selalu menggunakan garis miring ke depan ( / / ).

Penulisan URL tidak sensitif huruf besar-kecil. Jadi mengetik “http://www.kemdikbud.go.id” atau “HTTP://WWW.KEMDIKBUD.GO.ID” atau variasi huruf besar dan kecil akan membawa ke halaman yang sama.

Jika mengetik URL tidak benar, browser tidak akan dapat menemukan situs atau sumber daya yang inginkan. Jika mendapatkan pesan error atau mengakses situs yang salah, periksa untuk melihat apakah mengeja alamat dengan benar.

Tahapan Membangun Situs Web

1. Rekayasa dan Pemodelan Sistem/Informasi

Pada tahap ini dimulai dengan membangun syarat dari semua elemen sistem dan mengalokasikan beberapa subset kebutuhan software tersebut. Pandangan sistem ini penting ketika software harus berhubungan dengan elemen-elemen lain seperti software, manusia, dan database. Rekayasa dan analisis sistem menyangkut pengumpulan kebutuhan pada tingkat sistem dengan sejumlah kecil analisis serta desain tingkat puncak.

2. Planning (Perencanaan)

Pada tahap ini yaitu untuk menentukan tujuan dari software yang akan dibuat, melakukan analisis kebutuhan dna pengumpulan data yang diperlukan. Proses pengumpulan kebutuhan diintensifkan dan difokuskan, khususnya pada kebuthan software. Untuk memahamai sifat program yang dibangun, analis harus memahami domain informasi, tingkah laku, unjuk kerja, dan interface yang diperlukan.

3. Designing (Desain)

Desain software sebenarnya merupakan proses multi langkah yang berfokus pada empat atribut yang berbeda, yaitu struktur data, arsitektur software, representasi interface, dan detil (algoritma) procedural. Jadi pada tahap ini proses mendesain harus berdasarkan kebutuhan sehingga sesuai dengan yang diharapkan sebelum memulai pengkodean.

4. Scripting (Pemograman)

Desain harus diterjemahkan ke dalam bentuk mesin yang bisa dibaca. Dalam tahap ini adanya pembuatan kode. Jika desain dilakukan secara lengkap, pembuatan kode dapat diselesaikan secara mekanis.

5. Testing (Pengujian)

Proses pengujian berfokus pada logika internal software untuk memastikan bahwa semua pernyataan sudah diuji, dan pada fungsi eksternal yaitu mengarahkan pengujian untuk menemukan kesalahan-kesalahan dan memastikan bahwa dengan input yang terbatas akan didapatkan hasil actual yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

6. Maintenance (Pemeliharaan)

Software mungkin akan mengalami perubahan setelah diserahkan kepada pelanggan. Perubahan bisa terjadi karena kesalahan-kesalahan tertentu, karena software harus diubah untuk mengakomodasikan perubahan-perubahan di dalam lingkungan eksternalnya, atau karena pelanggan perlu melakukan pengembangan fungsional atau unjuk kerja. Pemeliharaan software mengaplikasikan lagi setiap fase program sebelumnya dan tidak dilakukan dengan membuat yang baru.

Nah sudah lengkap sudah penjelasan dari saya mengenai Web / Website, semoga penjelasan yang cukup banyak diatas bisa menambah pengetahuan anda dalam materi pemrogaman web atau bidang teknologi komputer.

Jika artikel ini membawa manfaat buat anda, jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian juga ya, sekian dari materi tkj kali ini, semoga bermanfaat dan akhir kata, terimakasih sudah membaca artikel ini.