Pengertian VLAN ( Virtual Lan) Dan Implementasi VLAN

Posted on

Pada bab ini materi tkj akan membahas mengenai Pengertian LAN dan Implementasi VLAN, materi ini akan kita jumpai pada bab pembelajaran WAN, jika anda termasuk salah satu siswa / siswa jurusan TKJ pastinya sudah tidak asing lagi kan, untuk lebih jelas dan lengkapnya langsung saja yuk kita pelajari bersama.

Pengertian Virtual LAN ( VLAN)

Virtual LAN (VLAN) adalah sebuah konsep yang menggabungkan beberapa broadcast domain menjadi satu collision domain. Penerapan konfigurasi Virtual LAN (VLAN) dapat dilakukan pada Manageable Switch.

Port diberikan identitas VLAN ID untuk komunikasi dengan port yang lainnya. Port dengan VLAN ID yang sama dikatakan berada dalam satu broadcast domain. Sebaliknya apabila antar port berbeda identitas VLAN ID-nya maka berbeda pula broadcast domainnya (tidak dapat saling berkomunikasi), walaupun berada pada fisik manageable switch yang sama dan host yang terhubung pada port tersebut mempunyai identitas Network Address yang sama pula

Implementasi VLAN

Secara default, dari vendor semua port pada manageable switch tergabung dalam satu VLAN ID, sehingga sebelum diberikan konfigurasi VLAN ID untuk masing- masing port, maka masing-masing host yang terhubung pada masing- masing port secara otomatis dapat berkomunikasi sampai konfigurasi VLAN diberikan.
Gambar 9.9 memperlihatkan implementasi VLAN pada suau manageable switch yang dengannya terhubung enam PC dari network yang sama, akan tetapi berbeda kelompok VLAN.

pengertian-vlan dan implementasi vlan
Implementasi VLAN

Sebelum implementasi VLAN, semua PC dapat saling terkoneksi karena semuanya tergabung dalam network 10.10.10.0/24, namun setelah implmentasi VLAN dengan tiga kelompok VLAN (Vlan 10,20 dan 30), maka hanya PC yang sama VLAN ID nya saja yang dapat saling berkomunikasi.

  • PC 1 yang terkoneksi ke port 1 hanya dapat berkomunikasi dengan PC 4 yang terkoneksi ke port 4, karena keduanya sama-sama menggunakan VLAN ID 10.
  • PC 2 yang terkoneksi ke port 2 hanya dapat berkomunikasi dengan PC 5 yang terkoneksi ke port 5, karena keduanya sama-sama menggunakan VLAN ID 20.
  • PC 3 yang terkoneksi ke port 3 hanya dapat berkomunikasi dengan PC 6 yang terkoneksi ke port 6, karena keduanya sama-sama menggunakan VLAN ID 30.

Dengan implementasi ini, terlihat bahwa VLAN dapat membatasi koneksi antar host yang secara network (broadcast domain) terdapat dalam satu kelompok, namun berbeda kelompok collision domain (VLAN Group).

Nah cukup singkat penjelasan mengenai Implementasi VLAN diatas, untuk lebih menambah wawasan anda dalam mempelajari materi WAN, silahkan anda bisa belajar materi lainnya pada link dibawah ini;

Saya rasa cukup sekian dulu materi WAN tentang pengertian VLAN yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semuanya, materi lainnya akan saya bahas pada postingan mendatang tetap dalam materi tkj dan belajar komputer.

Jika artikel ini bermanfaat bagi anda, tolong dishare dengan klil tombol share dibawah postingan ini ya, saya ucapkan selamat belajar dan sukses selalu, terimakasih