Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( TIK ) Dan Peralatannya

Posted on

Postingan ini materi tkj akan membahas materi TIK Kelas X pada bab 2 yaitu pembahasan mengenai Fungsi dan Proses Kerja Perangkat Teknologi Komputer, tetapi untuk memudahkan anda semuanya saya akan membaginya kedalam beberapa bagian sehingga anda lebih enak mempelajarinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin sering mendengar istilah teknologi informasi dan komunikasi / TIK.

  1. Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar istilah tersebut?
  2. Tahukan kamu apa yang dimaksud teknologi informasi dan komunikasi?
  3. Tahukah kamu sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi?

Apa sajakah perangkat teknologi informasi dan komunikasi? Bagaimana proses terjadinya komunikasi dalam teknologi informasi?

Jika kamu belum dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, temukanlah jawabannya dalam pembahasan materi ini.

Sesuai pembahasannya pada bab 2 ini kalian akan mempelajarinya beberapa bagian penting dalam belajar TIK khususnya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. untuk lebih jelasnya kita akan lihat dulu apa saja yang akan kalian pelajari pada bab 2 ini, berikut rinciannya;

  1. Pengertian teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
  2. Perangkat keras /Hardware
  3. Elemen siklus pemrosesan informasi.
  4. Macam-macam peralatan teknologi komunikasi berserta fungsinya
  5. Perbedaan antara jaringan teknologi komunikasi dengan menggunakan. kabel dan nirkabel.
  6. Cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi.
  7. Fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi.
  8. Perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya.
  9. Perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi komunikasi beserta fungsinya.
  10. Penggunaan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk memperoleh informasi.

Dari 10 pokok bahasan yang akan dibahas pada materi TIK kelas X bab teknologi informasi dan komunikasi diatas, saya akan menjelaskan terlebih dahulu point no. 1 dan 2, yuk langsung saja kita simak rinciannya.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.

Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pada zaman pra sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa yang memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya.

Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Sampai jarak tertentu, meskipun masih terdengar informasi yang disampaikan melalui bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.

Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.

Adanya alfabet dan angka arabik memudahkan penyampaian informasi dari yang sebelumnya satu gambar mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau penulisan angka yang tadinya MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi ini memudahkan penulisan informasi.

Teknologi media cetak dan elektronik seperti surat kabar, radio, tv, komputer bahkan membuat informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Materi 2 Peralatan TIK di halaman selanjutnya ya