Macam-Macam Perangkat Lunak / Software Dan Fungsinya

Posted on

Perangkat lunak ( Software ) atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ’penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.

Istilah software pertama kali digunakan oleh John W. Tukey pada tahun 1957. Dalam istilah ilmu komputer dan teknik, software adalah semua program komputer. Bahasa perintah dalam soft- ware ditemukan oleh Charless Babbage sebagai salah satu bahasa mesin, sedangkan teori sebagai pokok untuk kebanyakan software modern dikenalkan oleh Alan Turing pada tahun 1935 dalam makalahnya yang berjudul Computable Numbers With an Application to the Entscheidungsproblem.

Untuk lebih memperdalam pengetahuan anda dalam bidang komputer khususnya ini adalah materi TIK / TKJ yang harus kita pahami secara lebih lanjut, karena dengan pengetahuan dasar dasar komputer akan mempermudah kita nantinya untuk mempelajari semua seluk beluk dunia komputer / jaringan.

Untuk menambah wawasan anda dalam software, berikut Penjelasan singkat dari materi tkj kali ini mengenai Macam-macam perangkat lunak / software, silahkan anda bisa membacanya dengan teliti, sehingga anda tahu sebuah software memiliki banyak fungsi dan dibagi menjadi beberapa jenis bagian.

Macam Macam Perangkat Lunak / Software

Program aplikasi atau application program merupakan program khusus yang digunakan untuk aplikasi bidang tertentu. Program ini sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan khusus. Banyak program aplikasi yang sudah beredar, antara lain sebagai berikut.

a. Program aplikasi pengolah kata

Program aplikasi pengolah kata digunakan untuk pengolahan naskah-naskah, seperti surat- menyurat, buku diktat, proposal laporan kegiatan, media informasi (brosur, liftlet, kartu undangan, kartu nama), dan lainnya.

Beberapa contoh program pengolah kata: Microsoft Word, Word Perfect, Adobe Page Maker, dan lain-lain.

b. Program Aplikasi pengolah angka

Perangkat lunak pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyelesaikan pengolahan berbagai data kuantitatif (angka) dengan cepat dan akurat. Dengan pengolah angka, user dapat menyajikan data secara cepat dan tepat, baik dalam bentuk tabel maupun grafik.

Beberapa contoh program pengolah angka antara lain : Lotus 1-2-3, Microsoft Excel.

c. Program aplikasi pengolah presentasi

Program aplikasi pengolah presentasi adalah program aplikasi untuk merancang slide yang biasa digunakan untuk presentasi dalam suatu pertemuan. Hasil perancangan tersebut dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk media komunikasi seperti layar monitor, layar lebar melalui InFocus, Head Projector, LCD , internet, dan sebagainya.

Dengan menggunakan fasilitas Animation Effects, Transition, Sound Effects, dan fasilitas lainnya yang tersedia, program pengolah presentasi dapat digunakan untuk mempresentasikan makalah, seminar, mempromosikan hasil produk, mempresentasikan program kerja, dan lain-lain.

Beberapa contoh program pengolah presentasi adalah Microsoft PowerPoint, OpenOffice
Impress, Macromedia Authorware.

d. Program aplikasi pengolah data

Perangkat lunak pengolah data adalah program aplikasi untuk mengelola data yang sangat besar. Dengan program pengolah data, kita dapat secara cepat dan akurat memasukkan dan menyunting data, menyeleksi data dengan kriteria tertentu, membuat laporan data dengan kriteria tertentu, dan lain-lain. Biasanya program pengolah data digunakan untuk mengolah data instansi, baik milik pemerintah maupun swasta.

Beberapa contoh program pengolah data, yaitu D Base, Microsoft Access, FoxPro.

e. Program aplikasi pengolah gambar

Program aplikasi pengolah gambar atau desain grafis digunakan untuk membuat dan mengolah gambar atau foto dan penyuntingannya. Program ini sangat cocok untuk periklanan dan percetakan.

Beberapa contoh program pengolah gambar, yaitu Corel Draw, Photoshop, Freehand, dan lain-lain.

f. Program aplikasi Pengolah audio dan video

Perangkat lunak ini digunakan untuk mengolah suara dan gambar bergerak, mulai dari pembuatannya hingga proses penyuntingannya. Kita dapat mengambil beberapa gambar disertai animasi, transisi antargambar sehingga dihasilkan sebuah tampilan yang dapat kita nikmati dalam bentuk suara, musik, dan gambar video.

Beberapa contoh program aplikasi pengolah audio video, yaitu Pinnacle, Vegas, After Effect, Cool 3D, Ulead Studio.

g. Program aplikasi bisnis dan keuangan

Perangkat lunak bisnis dan keuangan digunakan untuk mengolah data keuangan, akuntansi, manajemen bisnis. Perangkat ini sangat membantu kita dalam menyajikan data keuangan dengan akurasi tinggi.

Beberapa contoh program aplikasi bisnis dan keuangan, yaitu MYOB, UPS, VQ Payroll, Sim- ply Accounting, dan lain-lain.

h. Program aplikasi pengolah website

Program aplikasi ini digunakan untuk mengolah dan merancang layout homepage atau web dalam dunia internet. Dengan menggunakan fasilitas html dan hyperlink, kita dapat menikmati lompatan-lompatan antaratikel dengan referensinya.

Beberapa contoh progran aplikasi pengolah website, yaitu Java, Dreamweaver, FrontPage, dan lain-lain.

i. Program aplikasi akses internet

Program aplikasi ini digunakan untuk mengakses internet. Perangkat ini sangat membantu kita dalam mencari informasi dan bertukar informasi dalam bidang ilmu, berita, hobbi, dan sebagainya.

Beberapa contoh program aplikasi akses internet yaitu, Microsoft Internet Explorer, Netscape
Communicator, Acrobat Reader, Mozila FireFox, dan lain-lain.

Fungsi Perangkat Lunak / Software

Fungsi perangkat lunak (software) adalah memproses data atau perintah / instruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan sebuah perintah perintah.

Berfungsi sebagai sarana interaksi yg menghubungkan atau menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat keras.

Baca Juga :

Pengertian Perangkat Lunak / Software

Demikian lah penjelasan singkat mengenai Macam-macam software semoga menambah pengetahuan anda dan mempermudah belajar komputer, selamat belajar kawan.

Jika artikel ini membantu anda semuanya, tolong dishare artikel ini ke sobat-sobat kalian ya, caranya cukup klik tombol share dibawah postingan ini.