Pengertian Dan Keuntungan Dari Aplikasi Port Forwarding

Posted on

Port Forwarding– salah satu fitur pada Router yang menggunakan fungsi NAT (Network Access Translation) yang mengalihkan (redirect) permintaan komunikasi dari salah satu IP Address atau Port tertentu yang melewati firewall Router dan dialihkan ke IP Address lain dan port lain/sama.
Mudeng ga?

Dari sisi kemanan data, port forwarding ini lebih aman dibanding DMZ, alasannya seperti yang telah saya singgung sebelumnya bahwa hanya port yang dibuka yang terbuka dan bisa kita akses, port lain yang tidak dibutuhkan tidak akan dapat diakses sehingga mengurangi resiko perangkat kita untuk disusupi program-program atau orang-orang usil. Misal untuk webserver umumnya menggunakan port 80 sampai 88 atau 8080.

Next, saya akan menjelaskan tentang sedikit Pengertian dan Keuntungan dari Aplikasi Port Forwarding dibawah ini.

Pengertian dan tujuan  dari Aplikasi Port Forwarding

Pengertian dan Keuntungan  dari Aplikasi Port Forwarding
Port Forward adalah feature dari router dimana fungsi ini akan membuka akses terhadap perangkat pada jaringan lokal untuk bisa diakses dari internet. Fungsi ini mirip dengan DMZ, bedanya adalah port forwarding hanya akan membuka akses sesuai dengan port yang dibuka dan bisa digunakan terhadap beberapa IP, sedangkan DMZ akan membuka seluruh port sebuah IP lokal untuk bisa diakses dari internet dan hanya bisa membuka satu iplocal saja (satu perangkat).
Keuntungan Port Forwearding
Keuntungan  port forwarding adalah kita bisa menggunakannya untuk beberapa IP atau perangkat selama port perangkat tersebut berbeda satu sama lain. Misal untuk mengakses beberapa IPCAM dalam satu windows, kita bisa membagi port berbeda untuk masing-masing IPCAM tersebut sehingga kita bisa mengakses beberapa IPCAM secara bersamaan menggunakan satu IPpublic.
Itu saja yang dapat saya paparkan mengenai Pengertian dan Keuntungan  dari Aplikasi Port Forwarding, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih