Seting Dasar Membuat Hotspot Mikrotik

Posted on

Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik untuk alat yang diperlukan pertama adalah Router.Karena Router Mikrotik merupakan router yang memiliki fitur lengkap. Salah satu fitur yang cukup banyak digunakan dari Router Mikrotik itu sendiri adalah Hotspot.Mungkin sering menemukan sinyal internet wifi yang di password dengan menggunakan WPA atau WEP. Jadi siapa saja bisa mengakses wifi itu jika tau password nya karena password nya hanya ada satu. Berbeda dengan metode Hotspot, yang mana kebanyakan wifi hotspot tidak di password dan semua user bisa konek kemudian diarahkan ke halaman login di Web Browser.

Pada saat Mikrotik sebagai Hotspot, anda dapat mengkonfigurasi jaringan wireless yang hanya bisa digunakan dengan username dan password tertentu. Anda dapat melakukan manajemen terhadap user-user, seperti haknya  mengatur durasi total penggunaan hotspot per user, membatasi berapa besar data yang dapat di download tiap user, mengatur konten apa saja yang boleh diakses user, dll.

Nah, sekarang saya akan membahas Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik dengan mencoba membuat dan seting mikrotik sebagai Hotspot. Namun sebelumnya anda perlu tahu apa saja kelebihan Hotspot dengan menggunakan Mikrotik.

Langkah langkah konfigurasi dasar hotspot 

Berikut ini cara cara Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik :

1.Tentukan interface pada hotspot. Karena kita akan membuat hotspot via wifi maka pilih interface wlan. gunakan wlan1 pada asumsinya, aktifkan wlan1 dan gunakan mode AP Bridge, isikan SSID dengan nama hotspot anda.

Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik

2. Beri IP address interface wlan1, misalnya 192.168.100.1/24
[admin@MikroTik] > ip address add address= 192.168.100.1/24 interface=wlan1
Atau bisa melalui winbox, masuk ke menu IP –> Address

Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik

3. Buat Hotspot untuk wlan1. Untuk lebih mudah nya kita menggunakan wizard Hotspot Setup. Masuk ke menu IP – Hotspot – Hotspot Setup

Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik

4. Pilih Hotspot Interface : wlan1 –> klik Next

5. Selanjutnya isi IP address dari wlan1 dan centang Masquerade Network. klik Next

Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik

6. Tentukan range IP address yang akan diberikan ke user (DHCP Server), misal : 192.168.100.10-192.168.100.254. Jadi user akan diberikan IP secara otomatis oleh DHCP Server antara range IP tersebut.

Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik

7. Pilih SSL certificate. Pilih none, klik Next.

Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik

8. IP Address untuk SMTP Server kosongkan saja. Klik Next.

Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik

9. Masukan alamat DNS Server.Isi DNS Server Google : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Klik Next.

Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik

10. Memasukkan nama DNS untuk local hotspot server.Sebagai pengganti nama alamat IP dari wlan1 di URL halaman login. Jika tidak diisi maka url halaman login akan mengguakan IP address dari wlan1, klik next.

Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik

11. Hotspot sudah berhasil dibuat. Silakan anda coba koneksikan laptop anda ke wifi hotspot anda.Seperti dibawah ini.

Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik

12. Buka browser dan akses web sembarang, misalnya mikrotikindo.blogspot.com dll. maka anda akan dialihkan ke halaman login hotspot mikrotik.

Setting dasas Membuat Hostpot Mikrotik

13. Silakan coba login dengan username : admin dan password : kosong.

14. Jika berhasil login berarti Hotspot anda sudah sukses.

15. Untuk mengedit dan menambahkan user silakan masuk ke menu IP – Hotspot – klik tab Users

Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik

Cukup itu saja mengenai Materi TKJ kali ini ,jika ada kesalahan dalam penjelasan dari Seting dasar Membuat Hotspot Mikrotik mohon dimaklumi saya hanya manusia biasa dan anda bisa tinggalkan komentar sebagai bentuk peduli anda untuk perkembanngan blog ini lebih lanjut kedepan, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda semuanya, terimakasih