Pengertian Dan Fungsi Motherboard Dalam Materi TKJ

Posted on

Pengertian dan Fungsi Motherboard Komputer–  Seperti kita tau bahwa di dalam mobo (Motherboard) terdapat soket serta komponen yang sangat membantu terciptanya sebuah sistem komputer seperti tempat/slot menyimpan seperti processor, RAM, VGA, konektor SATA, PCI (Peripheral Component Interconnect) untuk sound card, kartu LAN & TV Tuner dll.

Banyak yg bilang kalau perangkat keras ni paling utama dibanding dengan perangkat keras lainya. Kenapa bisa?  mari yuk kita simak penjelasan mengenai Pengertian dan Fungsi Motherboard Komputer yang saya terapkan dibawah ini.

Pengertian Motherboard


Pengertian Dan Fungsi Motherboard dalam Materi TKJ

Pengertian Motherboard adalah papan sirkuit berupa pcb yang memiliki berbagai komponen elektronik yang saling terhubung dimana cara kerjanya mengatur teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor & Additional card (PCI, ISA).

Fungsi Motherboard

Fungsi dari motherboard adalah menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer , artinya Motherboar di sini bertugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.
Dilihat dari pengertian motherboard  dan fungsinya disebut sebagai perangakat keras yang paling utama dalam sebuah komputer.

Kesimpulan :

Jadi papan utama yang ada di dalam rangkaian sebuah komputer setiap komponen seperti hardisk, processor, RAM, dvd room, panel dalam casing, kipas, vga, port usb dll akan terhubung  menjadi satu melalui port / tempat dudukannya masing masing sehingga ketika cpu di nyalakan , maka fungsi  main board menghubungkan setiap kompunen menjadi sebuah aktifitas kerja perangkat komputer.

Mengenai Blog Materi TKJ kali inni, yang dapat saya jelaskan semoga dapat membantu anda semua dalam pembelajaran melalui Pengertian Dan Fungsi Motherboard. Sekian dna terimakasih.