Langkah-Langkah Instalasi Mikrotik RoutersOS Di PC

Posted on

Langkah-Langkah Instalasi Mikrotik RouterOS – RouterOS merupakan sebuah Sistem Operasi yang berbasis Unix yang mampu membuat sebuah PC mempunyai fungsi seperti layaknya Router, Firewall, Bridge, HotSpot, proxy Server, Bandwidth Management dan beberapa fungsi server lainnya. Apabila anda membeli RouterBoard Mikrotik, biasanya bisa langsung digunakan tanpa perlu lagi melakukan instalasi RouterOS, tinggal memasukkan lisensi saja. Namun jika anda tidak ingin menggunakan RouterBoard atau hanya ingin menggunakan PC sebagai Mikrotik tentunya anda harus melakukan instalasi mikrotik ke PC terlebih dahulu.

Selanjutnya anda bisa mempelajari lebih detail lagi tentan Langkah-Langkah Instalasi Mikrotik RotersOS Di PC, supaya anda juga bisa lebih memahaminya.

Cara instal mikrotik ke PC dapat menggunakan beberapa cara, yaitu:

  1. ISO Image yaitu menggunakan Compact Disc (CD) instalasi. Silakan download file berekstensi .ISO yang tersedia dan kamu harus “membakarnya” ke dalam media CD kosong. 
  2. NetInstall yaitu melalui jaringan komputer (LAN) dengan Satu Disket, atau menggunakan Ethernet yang mendukung proses menyalakan komputer (booting) komputer melalui Ethernet Card. NetInstall dapat dilakukan pada sistem operasi Windows 95/98/NT4/2000/XP.

Mikrotik Disk Maker membutuhkan beberapa buah disket ukuran 3,5 yang nantinya akan disalin pada hard disk saat instalasi dilakukan. Dengan menggunakan tools Floppy,Maker,Exe.

Cara Install Mikrotik RoutersOS di PC:

1.Download file ISO Mikrotik (menggunakan lisensi level 5)
2.Burn file ISO nya ke CD.
3.Masukkan cd mikrotik ke dalam cd/dvd room.
4.Setting bios komputer anda,pada booting awal (first booting) adalah cd/dvd room anda.
5.Setelah di setting maka komputer anda akna booting pertama kali ke cd/dvd room anda. Jika berhasil akan muncul tampilan seperti gambar yang ada dibawah ini.

Langkah-Langkah Instalasi Mikrotik RoutersOS Di PC
6.Lakukan proses instalasi Mikrotik dengan memilih (check) semua pilihan yang ada dengan tombol ‘a‘. Kalo udah dicentang semua tekan tombol ‘i’ untuk meginstall Mikrotik.
7.Tunggu sebentar sampai proses instalasi selesai.
Langkah-Langkah Instalasi Mikrotik RoutersOS Di PC
8.Setelah komputer anda restart maka anda akan diminta untuk check disk atau tidak. Klik tombol “Y” untuk setuju, klik tombol “N” untuk tidak setuju.
9.Setelah itu akan mucul tampilan login admin pada mikrotik login,pada password enter saja,karena defaultnya tidak mengunakan password.
10.Jika berhasil maka akan muncul gambar tampilan awal mikrotik,menandakan anda telah berhasil menginstall.
Langkah-Langkah Instalasi Mikrotik RoutersOS Di PC

Sekarang Mikrotik RouterOS nya sudah terinstall di PC anda. Tetapi mikrotik nya hanya bisa digunakan selama 24 jam saja karena masih dalam masa trial. Untuk bisa membuat full version menggunakan lisensi level 5, perlu dilakukan registrasi lisensi terlebih dahulu.

Cara Registrasi Lisensi Mikrotik :

1. Koneksikan PC Mikrotik dengan PC lainnya atau Laptop anda menggunakan kabel UTP.
2. Buka Winbox
3. Login ke Mikrotik menggunakan Winbox.

Langkah-Langkah Instalasi Mikrotik RoutersOS Di PC

4. Di halaman utama Winbox “RouterOs Welcome” dengan berita router anda tidak memiliki key dan router akan di stop dalam waktu 23 jam 50 menit.
5. Di halam Utama Winbox klik “System” dan klik “Licence”
6. Kemudian klik “Import Key” dan pilih file lisensi level 5 yang ada di folder ISO
7. Router klik “OK” maka router akan restart dan disconnect.
8. Login lagi ke Mikrotik via Winbox, buka menu System –> License –> Maka akan muncul tampilan bahwa Mikrotik sudah berhasil diregistrasi dengan lisensi level 5.

Langkah-Langkah Instalasi Mikrotik RoutersOS Di PC

9. Selamat sekarang Mikrotik Anda lisensi nya sudah menjadi level 5.

Cukup itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Blog Materi Tkj. Kurang lebihnya saya minta maaf jika ada kesalahan dalam penulisan maupun informasi tentang Langkah-Langkah Instalasi Mikrotik RoutersOS Di PC ini. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih.