HOME
Home » Administrasi Sever » Materi TKJ » Mikrotik » Pengelolaan Server Jaringan » Cara Membuat User Hotspot Tidak Perlu Login (Bypass Login Hotspot)

Cara Membuat User Hotspot Tidak Perlu Login (Bypass Login Hotspot)

Posted at August 11th, 2016 | Categorised in Administrasi Sever, Materi TKJ, Mikrotik, Pengelolaan Server Jaringan

Sistem Hotspot Mikrotik harus membuat semua User Login terlebih dahulu agar dapat mengakses internet. Terkadang ada beberapa user yang tidak mau untuk login dan ingin langsung masuk Hotspot tanpa login. Untuk memuat permintaan user ini, kita bisa memanfaatkan fitur Hotspot IP-Bindings.


IP Bindings bisa digunakan untuk mengijinkan suatu IP untuk mem-bypass autentifikasi hotspot. Dengan IP Bindings, ketika kita sudah terkoneksi dengan jaringan hotspot, kita dapat browsing tanpa harus login terlebih dahulu. Fitur ini berguna bila kita menjalankan layanan server dibawah sistem hotspot.

Selanjutnya dalam materi ini kita akan membahas tentang Cara Membuat User Hotspot Tidak Perlu Login (Bypass Login Hotspot). Mari kita belajar bersama-sama tentang materi ini agar lebih mengerti.

Cara Membuat User Hotspot Tidak Perlu Login (Bypass Login Hotspot)

1. Pastikan Hotspot Mikrotik sudah berjalan dengan baik.

2. Buka Winbox, Masuk ke menu IP –> Hotspot –> Masuk Tab IP Bindings –> Tambahkan IP Binding baru.

Cara Membuat User Hotspot Tidak Perlu Login (Bypass Login Hotspot)

3. Disini kita harus tau MAC Address dan IP Address dari user kemudian kita isikan di kolom yang disediakan.

4. Jika Anda tidak mau repot memasukkan secara manual data MAC dan IP Address User tersebut, silakan masuk ke Tab Host –> Pastikan User yang mau di bypass sudah konek ke WiFi Hotspot –> Klik kanan pada user yang dimaksud pada list –> Make Binding.

Cara Membuat User Hotspot Tidak Perlu Login (Bypass Login Hotspot)

5. Ini akan membuat data IP Binding terisi secara otomatis.

Cara Membuat User Hotspot Tidak Perlu Login (Bypass Login Hotspot)
6. Sekarang perhatikan pada kolom Type. Pilih bypassed –> OK
7. Kemudian perintah user yang di-bypass tersebut untuk konek lagi ke WiFi Hotspot. Seharusnya tidak lagi diarahkan ke halaman login Hotspot Mikrotik, melainkan sudah bisa mengakses internet secara langsung tanpa perlu login hotspot.

Cara Untuk Memblokir User Hotspot Mikrotik Agar Tidak Bisa Konek Hotspot

1. Caranya hampir sama dengan sebelumnya. Bedanya pada data IP Binding kolom Type pilih blocked.
Cara Membuat User Hotspot Tidak Perlu Login (Bypass Login Hotspot)
2. Dengan demikian user yang diblokir tersebut tetap bisa konek ke WiFi namun tidak bisa akses. Bahkan tidak bisa mengakses Halaman Login Hotspot Mikrotik.

3. User akan mengira bahwa hotspot nya bermasalah atau internet nya ada gangguan, padahal hanya akses saja yang kita blokir.

Mengenai Blog Materi Tkj ini,itu saja yang dapat disampaikan mengenai pembahasan Cara Membuat User Hotspot Tidak Perlu Login(Bypass Login Hotspot). Kurang lebihnya saya minta maaf,semoga bermanfaat.Terimakasih.

Tags :

Related Post to Cara Membuat User Hotspot Tidak Perlu Login (Bypass Login Hotspot)

Cara Merubah PDF Ke Word Dengan Mudah Secara Offline Dan Online

Posted at November 9, 2016

Kali ini masih dalam dunia komputer dan belajar software saya akan infokan kepada anda semuanya mengenai Cara Mudah PDF ke Words Dengan Mudah, sebenarnya... Read More

Cara Membuat Kabel UTP Straight Atau Cross Over

Posted at November 8, 2016

Pada Jaringan biasanya menggunakan 3 model kabel yaitu , UTP, Coaxial dan Fiber Optik, sedangkan pada model rangkaian Kabel UTP atau model twisted pairs... Read More

Langkah Langkah Setting Port Forwading

Posted at September 14, 2016

Seting Port Forwarding pada MikrotikРUntuk port forwarding dalam mikrotik ini kita akan menggunakan DSTNAT (Destination NAT) yaitu NAT  yang dilakukan pada paket yang... Read More

Pengertian Dan Keuntungan Dari Aplikasi Port Forwarding

Posted at September 13, 2016

Port Forwarding– salah satu fitur pada Router yang menggunakan fungsi NAT (Network Access Translation) yang mengalihkan (redirect) permintaan komunikasi dari salah satu IP Address... Read More

Perbedaan Dari Sleep Dan Hibernate Pada Windows

Posted at September 12, 2016

Perbedaan Dari Sleep Dan Hibernate pada Windows– Seperti yang kita ketahui, di setiap Sistem Operasi pastinya memiliki utilitas Power, entah itu Shutdown, Restart, Sleep,... Read More