Cara Memblokir Pencarian Winbox Mikrotik

Posted on

Cara Memblokir Pencarian Winbox Mikrotik-Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet.

Untuk anda semuanya yang ingin memblokir pencarian dalam mikrotik,tetapi belum tahu bagaimana caranya ? Tenang saja saya akan membagikan sedikit ilmu untuk anda semuanya tentang bagaimana Cara Memblokir Pencarian Winbox Mikrotik.

Winbox Mikrotik dapat mencari/menemukan perangkat Mikrotik yang terhubung dengan jaringan PC/Laptop kita. Dengan fitur Winbox ini kita bisa mengetahui Mac Address, IP Address, Identisa Mikrotik, Versi RouterOS, dan tipe Routerboard seperti gambar berikut ini :

Cara Memblokir Pencarian Winbox Mikrotik

Fitur ini dapat memudahkan kita untuk mengidentifikasi Mikrotik yang terhubung ke jaringan kita. Tapi dengan adanya fitur ini juga akan mengurangi keamanan jaringan terutama Mikrotik itu sendiri, karena dapat ditemukan oleh siapa saja yang menggunakan Winbox. Maka dari itu lebih baik pencarian di winbox mikrotik diblokir saja supaya aman.


Cara Memblokir Pencarian Winbox Mikrotik :
1. Download Winbox Mikrotik.
2. Login Mikrotik via Winbox

Cara Memblokir Pencarian Winbox Mikrotik

3. Masuk ke menu Tools –> MAC Server –> MAC Ping Server –> Hilangkan centang MAC Ping Server Enabled

Cara Memblokir Pencarian Winbox Mikrotik
4. Masuk ke tab Winbox Interface –> Klik pada “all” –> Klik tanda silang untuk disable
Cara Memblokir Pencarian Winbox mikrotik

5. Masuk ke menu IP –> Neighbors. Disini interface yang terhubung ke perangkat lain akan muncul.

Cara Memblokir Pencarian Winbox Mikrotik

6. Masuk tab Discovery Interfaces –> Pilih interface mana saja yang akan memblokir pencarian Winbox –> Klik tanda silang.

Cara Memblokir Pencarian Winbox Mikrotik

7. Sekarang coba buka Winbox lagi kemudian coba lakukan pencarian. Mikrotik tidak akan ditemukan oleh Winbox seperti gambar berikut :

Cara Memblokir Pencarian Winbox Mikrotik
Catatan:

Cara ini selain memblokir pencarian winbox juga akan memblokir login via MAC Address Mikrotik. Jadi hanya bisa login di Winbox menggunakan IP Address saja. Kalau ingin bisa masuk MAC address lewati saja langkah 3 dan 4.

Demikia sedikit materi Tkj yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya minta maaf jika ada kesalahan dalam penulisan maupun informasi tentang Cara Memblokir Pencarian Winbox Mikrotik. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu. Terimakasih.