Cara Memantau Koneksi Jaringan Mikrotik Dengan Netwatch

Posted on

Cara Memantau Koneksi Jaringan Mikrotik dengan Netwatch-Netwatch merupakan tool untuk memonitoring di Mikrotik. di Netwatch kita juga bisa membuat script otomatis untuk menjalankan rule tertentu. Hal ini untuk mempermudah pada administrator untuk memonitoring system. Ada tiga bagian saat kita membuat atau menjalankan Netwatch, yaitu “host”, “up”, “down”.

Netwatch sangat membantu kita untuk menjalankan script otomatis dengan system yang kita monitoring. Bagi anda yang belum mencoba tool yang satu ini, silahkan anda mencoba. dan pasti anda sangat terbantu dengan tool ini.

Adapun materi mengenai pengertian Netwatch, tapi yang akan kita bahas saat ini bukan itu melainkan Cara Memantau Koneksi Jaringan Mikrotik dengan Netwatch. Selamat belajar semoga berhasil.

Cara Memantau Koneksi Jaringan Mikrotik dengan Netwatch

Cara Seting Netwatch Mikrotik

*Sebelumnya pastikan anda sudah menyeting konfigurasi email Mikrotik.

Cara Seting Netwatch Mikrotik :

1. Buka Winbox, masuk ke menu Tools –> Netwatch
2. Klik tombol + untuk menambahkan netwatch host.
3. Isikan Host dengan google.com atau IP addressnya 74.125.135.138. Kenapa Google? karena server google selalu hidup.
*Interval : berapa interval waktu untuk tiap ping (default = 1 menit)
*Timeout : berapa besar waktu indikasi timeout (default =1000ms) kalau reply nya lebih dari sama dengan 1000ms maka akan dihitung RTO.

Cara Memantau Koneksi Jaringan Mikrotik dengan Netwatch

4. Klik Apply –> Ok
5. Masuk ke tab Up. Disini kita bisa memasukkan script untuk mengirim email secara otomatis ketika internet Up.
Contoh:
/tool e-mail send to=”emailtujuan@blabla.com” from=”emailpengirim@blabla.com” body=”Internet Normal. by MikrotikIndo.blogspot.com” tls=yes subject=”Cennection Monitor Mikrotik = UP”

Cara Memantau Koneksi Jaringan Mikrotik dengan Netwatch

6. Klik Apply –> masuk ke tab Down. Disini kita bisa memasukkan script untuk mengirim email secara otomatis ketika internet Down.
Contoh:
/tool e-mail send to=”emailtujuan@blabla.com” from=”emailpengirim@blabla.com” body=”Internet Down. by MikrotikIndo.blogspot.com” tls=yes subject=”Cennection Monitor Mikrotik = DOWN”

Cara Memantau Koneksi Jaringan Mikrotik dengan Netwatch

7. Silakan anda edit sendiri script nya, isi email anda sendiri. Kalo sudah klik Apply –> Ok
8. Silakan anda coba putuskan koneksi internet dari Mikrotik anda, beberapa saat kemudian sambungkan lagi.
9. Cek inbox di email tujuan yang anda masukkan di script nya. Kalo setingannya benar maka akan muncul email notifikasi kalo koneksi internet down dan up lagi.

Sumber:https://mikrotikindo.blogspot.co.id/2013/04/cara-memantau-koneksi-jaringan-mikrotik-netwatch.html

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai materi Tkj ini. Kuramh lebihnya minta maaf jika ada kesalahan dalam penulisan maupun kesalahan dalam informasi materi tentang Cara Memantau Koneksi Jaringan Mikrotik dengan Netwatch ini. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih.