Cara Login Mikrotik Menggunakan Winbox

Posted on

WINBOX adalah salah satu aplikasi untuk konfigurasi MikroTik RouterOS menggunakan GUI. Aplikasi winbox bisa berjalan pada windows berbentuk portable binary,  tapi bisa juga berjalan pada Linux dan MacOS (OSX) menggunakan Wine.

Semua fungsi pada aplikasi Winbox hampir sama persis dengan fungsi konsol (command line). Tapi juga ada beberapa fungsi yang tidak dapat di konfigurasi lewat winbox, seperti ganti Mac Address salah satu interface.

Untuk selanjutnya dalam pembahasan materi tersebut ,anda bisa langsung baca di Cara Login Mikrotik Menggunakan Winbox bawah ini.

Cara Login Mikrotik 

1.Dua Langkah Download Winbox MikroTik.

Download Langsung Dari Router MikroTik
Download Winbox di Situs MikroTik.com

2.Penjelasan Fungsi dan Cara Penggunaan Winbox Mikrotik

  • Fitur MikroTik Neighbor Discovery
  • Cara Menyimpan Daftar Router MikroTik
  • Export / Import Daftar Router Mikrotik
  • Transfer / Copy Paste File Ke Storage Mikrotik Menggunakan Winbox
  • Fitur Safe Mode di Winbox MikroTik

Inilah langkah awal dalam Login Mikrotik

1.Download Winbox

Cara Login Mikrotik Menggunakan Winbox

2.Jika sudah anda simpan di komputer, klik 2x dan akan terlihat winbox loader.

Masukan IP Address atau MAC Address router mikrotik Anda untuk terhubung dengan mikrotik. Isi username dan password (jika ada) dan klik  “Connect”. Anda juga bisa menambahkan port number setelah IP Address.
Disarankan untuk menggunakan IP Address bila memungkinkan. Login pakai MAC menggunakan network broadcasts dan jangan diandalkan, karena tidak 100% bisa.

Penjelasan Fungsi dan Cara Penggunaan Winbox Mikrotik

1.Fitur MikroTik Neighbor Discovery

Banyak pengguna mikrotik yang mungkin bingung remote mikrotik saat pertama kali konfigurasi. Karena belum ada ip address pada interface mikrotik, atau anda lupa IP Address Winbox Mikrotik Anda.
Cara Login Mikrotik Menggunakan Winbox
Dengan fitur ini, winbox dapat mengenali interface ethernet dalam satu jaringan yang terinstall RouterOS. Dari daftar router yang ditemukan Anda bisa klik di IP Address atau MAC Address untuk terkoneksi ke router.
2.Cara Menyimpan Daftar Router MikroTik

Di interface login winbox kita bisa save atau simpan list IP address dan username password router mikrotik-mikrotik Anda. Tujuannya untuk memudahkan dalam mengakses salah satu router mikrotik.
Login Mikrotik
Connect To : isi IP Address router
Login : isi username router
Password : isi password router
Note : isi catatan/note router tersebut, misalnya “Router Cabang 1”
Group : dimasukan dalam group, misalnya “Branch Office”
Klik tombol “Add/Set” untuk menyimpan.
Jika kita lihat gambar diatas, kita mempunyai 3 router mikrotik di kantor pusat, dan 3 router pada kantor cabang.
3.Export / Import Daftar Router Mikrotik

Di winbox  bisa export / import daftar router mikrotik, berguna jika list mikrotik anda sangat banyak dan mau dipindahkan daftar routernya  ke komputer lain.
export / backup daftar router mikrotik
  • Cara export / backup daftar router mikrotik adalah dengan klik menu Tool >> Export. Kemudian simpan ke directory yang Anda inginkan.
Cara Login Mikrotik Menggunakan Winbox
  • Cara Import / restore daftar router yang sudah di simpan adalah dengan klik menu Tool >> Import kemudian cari file backup daftar router anda.
Cara Login Mikrotik Menggunakan Winbox
4.Transfer / Copy Paste File Ke Storage Mikrotik Menggunakan Winbox

Transfer file ke storage mikrotik menggunakan Winbox, contohnya copy file script, login page hotspot atau lainnya. Contoh mau copy file script nice.rsc yg digunakan untuk setting memisahkan bandwidth lokal dan internasional ke mikrotik  buat di jalankan pada terminal routerOS.
  • Copy file nice.rsc dari Windows Desktop Anda, kemudian buka winbox
Cara Login Mikrotik Menggunakan Winbox
  • Klik Menu “Files” dan klik icon “Paste”, terlihat file sudah ter copy via winbox ke storage mikrotik Anda.
Cara Login Mikrotik Menggunakan Winbox

5.Fitur Save Mode di Winbox MikroTik 
Save mode adalah di mana perubahan konfigurasi dapat kembali seperti sebelumnya. Jadi, jika terjadi kesalahan atau jika tiba-tiba Anda kehilangan koneksi ke router, dengan mode save perubahan yang sudah terjadi tidak akan tersimpan atau kembali seperti semula. Dan masih terkoneksi dengan router mikrotik anda cukup tutup aplikasi winbox Anda.
Login kembali, anda akan melihat konfigurasi akan masih sama sebelum anda melakukan klik tombol “Safe Mode”
Cara Login Mikrotik Menggunakan Winbox
Kesimpulan :

Login ke Router pakai Winbox >> klik tombol “Safe Mode” >> membuat perubahan >> jika settingan salah atau menjadi tidak terhubung atau masih ter koneksi dengan Mikrotik, cukup tutup/exit aplikasi winbox di komputer Anda. Hasilnya perubahan tidak akan tersimpan.
Cukup sekian dari share Materi TKJ yang saya terapkan di atas yaitu Cara Login Mikrotik Menggunakan Winbox , semoga dapat menambah wawasan anda semua.Dan maklumilah jika ada penjelasan yang kurang mengesan saya mohon maaf.Sekian dan terimakasih