Cara Install Windows 7 Dengan Mudah Lengkap Dengan Gambar

Posted on

Cara Install Windows 7 Dengan Mudah Lengkap Gambar. Seringkali kita mengalami kendala dalam Sistem Windows kita karena adanya berbagai masalah seperti hilangnya file windows / tidak sengaja terhapus atau bisa juga rusaknya sistem yang di akibatkan oleh serangan virus.

Jika Windows 7 anda eror tidak usah kawatir dan bingung dan harus membawanya ke tukang servis laptop, dengan metode sederhana anda bisa memperbaikinya sendiri, anda juga bisa mempelajari Bagaimana Cara Install Ulang Windows 7 Dengan mudah, prosesnya pun saya anggap tidak terlalu sulit jika anda sudah mengetahui dasar-dasar komputer. Prosesnya pun bisa mudah daripada Cara Install Windows XP.

Proses Instalasi Windows 7 tergolong mudah dan tidak memakan waktu atau banyak setingan, karena jika proses instalasi sudah berjalan dengan sendirinya proses Instal windows 7 akan berjalan dengan sendirinya sampai windows sudah berhasil terinstal dengan baik.

Cara Install Windows 7 memanglah sulit bagi orang awam yang belum mengetahui bagaimana caranya, tetapi tidak ada hal yang tidak mungkin jika anda mau belajar saya yakin dengan berjalannya waktu anda akan bisa memulai Proses Instalasi windows 7, yang dibutuhkan hanya keteletian kesabaran dan juga membutuhkan rasa ingin tahu.

Ketika terjadi berbagai masalah pada windows 7 anda bisa langsung menginstalnya sendiri, Cara Menginstal Windows 7 ini cukup mudah kok, silahkan nanti anda tinggal ikuti panduan yang ada pada blog materi TKJ ini dan ikuti semua prosedurnya, saya yakin anda bisa melakukan proses Instal windows 7.

Baiklah tidak usah lama saya menjelaskannya pasti anda sudah tidak sabar lagi ingin mengetahui Cara Mudah Install Windows 7. Sudah saya lengkapi dengan gambarnya jadi anda tinggal melihat proses urutan caranya, ok langsung saja yuk kita bahas.

Cara Install Windows 7

Persiapan Sebelum Install Ulang Windows 7

  1. Pastinya sebelum memulai Menginstal Windows 7 Sudah anda Siapkan DVD Instalasi Windows 7 Jika Anda menggunakan DVD Rom untuk Instal Windows 7. Atau anda bisa juga menggunakan Flasdisk untuk instal Ulang windows 7, kedepan akan saya siapkan juga bagaimana cara Instal Windows 7 dari flasdisk,
  2. Sebelum menginstal Windows 7 Pastikan anda sudah memBackup semua data penting di File C. Karena Pada proses ini akan menghapus semua data yang ada dikarenakan sebelum menginstal Disk C akan di format terlebih dahulu.
  3. Setting BIOS agar booting dari CD/ DVD.
  4. Apa yang akan anda instal apakah komputer atau Laptop?, Jika anda ingin Menginstal Windows 7 Pada laptop pastikan Kabel Charger di colokkan untuk berjaga-jaga jika Kapasitas batre laptop tidak bisa bertahan lama, dan untuk menghindari gagalnya Proses Instal Ulang Windows 7.

Setting Bios Untuk Instal Melalui DVD / CD

1. Nyalakan atau restart komputer/ laptop anda, kemudian cepat tekan tombol DEL (Delete) jangan sampai kelewat (lihat gambar). Biasanya untuk masuk ke menu BIOS, tombol yg paling umum digunakan adalah DEL, F1, F2, atau Fn+F2 (laptop), tergantung manufacturer dari laptop/ motherboard. anda bisa mengikuti juga proses intruksi yang ada di layar laptop anda, bisa akan muncul pemberitahuan untuk bisa masuk ke menu BIOS.
2. Masuk Ke menu Setingan BIOS terlebih dahulu dengan cara pada no.1 dan silahkan pilih menu BOOT pada BIOS melalui tombol arah keybord ( Ikuti instruksi yang ada disambing menu seting BIOS ), biasanya untuk memilih prioritas BOOTING bisa menggunakan tanda ( – / + ). Lihat Gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya ya.
Install Ulang Windows 7
3. Setting hingga CD-ROM Drive atau DVD-ROM menjadi diurutan teratas karena kita akan install ulang windows 7 dari DVD, lihat gambar menu bios yang berbeda dibawah ini , setiap merk Laptop biasnaya memiliki tampilan bios yang berbeda, tapi tidak usah bingung kurang lebih sama kok.
Cara Seting First Booting
Seting First Booting
4. Jika proses memilih First Booting sudah selesai yang anda haruskan adalah menyimpan konfigurasi yang sudah anda buat dengan menekan F10 atau Save dan exit, selanjutnya Masukkan DVD Master Windows 7 dan restar Laptop / komputer anda.
Cara Seting BIOS install ulang windows 7
5. Sampai saat ini proses Seting BIOS untuk memilih Priority Booting telah selesai, langkah selanjutnya adalah kita akan masuk Proses Instal Ulang Windows 7. ikuti panduannya dengan teliti ya.

Langkah-Langkah Install Windows 7

1. Setelah keluar dari Setingan BIOS yang sudah saya jelaskan diatas jika benar maka secara otomatis akan merestart, kemudian setelah dvd Windows 7 terbaca akan muncul peringatan untuk menekan sembarang tombol Keybord untuk memulai proses Install.
Instalasi windows 7
2. Jika sudah anda tekan sembarang tombol keybord akan muncul proses loader atau berjalannya loading data windows 7 untuk proses selanjutnya.dan sampai saat ini cukup tunggu sampai proses loading selesai dan semua data sudah terbuka lambang windows 7
Cara Install Windows 7
3. Ikuti aja gambar yang ada berikut ini,  dan pilih next
Instal windows 7
4. Pilih Instal Now

Install windows 7

5. akan muncul Licency dari windows 7, cukup klik / centang tombol accept the licensi, yang menandakan anda setuju dengan semua ketentuan dari Pihak Microsoft

Cara Install Windows 7

6. Pilih Custom aja ya untuk lebih cepat.

Cara instal Windows 7 dengan gambar

7. Selanjutnya kita akan masuk ke partisi untuk memilih partisi mana yang akan digunakan untuk proses intalasi windows 7, silahkan pilih disk mana yang akan anda gunakan, biasanya akan muncul kode primary dan label dari tiap Disk dan juga jumlah dari disk nya tergantung pada partisi yang ada pada Hardisk laptop anda.

cara menginstal windows 7

8. Anda bisa pilih Format terlebih dahulu atau bisa langsung menimpa windows yang terdahulu dan biasanya akan ada 2 instalasi windows di laptop / komputer anda, saya sarankan jika anda ingin performa yang baik pilih format hardisk terlebih dahulu agar ketika disk C yang digunakan ada virusnya.
9. Jika tombol Next anda klik maka proses instalasi windows 7 akan otomatis berjalan.Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Cara Install Windows 7

10. Samapai disini silahkan anda menunggu sampai proses instalasi windows 7 berjalan dan ketika pada proses Expanding windows file akan berjalan sampai 100% dan sampai instaling feature akan langsung restar sendiri jika sudah selesai, ( ketika restar anda bisa mengambail DVD instalasi atau mencabut flasdisknya jika anda menggunakan flasdisk )
11. Nah setelah laptop / komputer anda restart makan akan kembali proses Instal Windows 7 tahap kedua yaitu dari mulai instal update dan completing Instalation,  ketika proses semua sudah selesai akan restart dan tinggal sedikit lagi sob, gak perlu tak kasih gambar ya, pokoknya nunggu aja sampai restart,kita lanjut ke langkah ke 12.
12.Laptop akan sudah mulai menampilkan windows 7 dan perlu beberapa setingan diantaranya adalah memberi nama device anda, lihat gambar ya. silahkan anda isi nama sesuai nama anda atau selera anda, dan pilih Next.

Cara Instal windows 7

13. Jika anda ingin hanya anda yang bisa gunakan saja silahkan isi pasword adminnya, tetapi jika anda ingin universal kosongkan aja terus Pilih Next.

Memberi Pasword Pengguna Instal windows 7

14. Masukkan Produk Key / aktivasi jika anda menggunakan Windows 7 asli, tapi jika tidak punya langsung Pilih Next ( Jangan Lupa Hilangkan Tanda Centang Automatically activate windows when online )

15. Akan muncul pemberitahuan untuk update windows dan silahkan Pilih saja Ask Me later ( Pilih nanti saja bro )

cara instal windows 7

16. Atur time zone sesuai lokasi anda, jika di Indonesia Pilih Saja UTC + & atau bangkok, hanoi, jakarta. Jika anda tinggal diluar negeri ya tinggal sesuaikan dengan time zone negara anda.

proses intalasi windows 7

17. Nah selesai sudah proses instalasi windows 7, dan akan muncul dekstop baru anda.

Cara Instal windows 7

Cukup mudah bukan Cara Instal Windows 7 diatas, kurang lebih ketika saya intal ulang membutuhkan waktu +- 1 jam an lah, kadang juga tidak sampai tergantung kecepatan prosesor dan RAM anda.

Eits jangan lupa prosesnya tidak sampai disitu saja loh, anda masih harus menginstal progam yang anda butuhkan seperti, Microsoft Office, adobe reader, Winrar, Gom Player, VLC, anti virus dan lain sebagainya, kira-kira yang anda butuhkan di instal aja.

Ok cukup sampai disini, kita akan lanjut di postingan mendatang, tetap mampir kesini bro untuk belajar materi TKJ dan belajar komputer lainnya. terimakasih