Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer

Posted on

Sejarah Jaringan Komputer ini menurut Penelitian Teknologi Informatika perkembangannya sangat pesat.Karena pada perubahan zaman semua alat alat didunia akan semakin modern.Sebagaimana perubahan teknologipun akan semakin canggih seperti halya Komputer,Handphone dll.

Pabila melihat dari awal terbentuknya ide penggunaan jaringan komputer, maka kira – kira sudah lebih dari 70 tahun lamanya teknologi jaringan komputer ini mulai digunakan pertama kali.Namun ternyata pada awalnya, ide penggunaan jaringan komputer jauh lebih sederhana daripada saat ini.

Pada awalnya, ide untuk menciptakan suatu jaringan komputer adalah hanya agar suatu perangkat sistem komputer bisa diguakan secara bersama – sama. Hal ini tentu saja juga dipengaruhi oleh faktor haga dari suatu komputer yang masih mahal, dan belum bisa dibeli oleh orang biasa pada saaat itu.Hingga kini Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer akan di pelajari.Mari kita pahami bersama sama.Go……

Proses Perkembangan Jaringan Komputer

Beberapa Proses Perkembangan Jaringan komputer adalah sebagai berikut :

sejarah-jaringan-komputer

1.1940-an : Batch Processing
Pada tahun 1940-an di Amerika, tepatnya di sebuah laboratorium Bell dan juga grup riset dari Univerrsitas Harvard. Saat itu Prof. H.Aiken memimpin suatu penelitian mengenai pengembangan dari komputer MODEL I. Pada saat itu muncullah suatu implementasi program bernama Batch Processing atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah proses beruntun. Proses inilah yang kemudian dapat memanfaatkan beberapa komputer bisa mengerjakan banyak program dan pekerjaan dalam sekali waktu.

2.1950-an : Mulai dikembangkan proses TSS (Time Sharing System)
Kira – kira 10 tahun kemudian, tepatnya pada era 1950-an, penggunaan dan juga pengembangan dari sebuah sistem komputer menjadi semakin berkembang dan juga membesar. Dengan adanya penciptaan dan pengembangan dari super komputer ini, dimana sebuah komputer harus bisa melayani dan juga menjalankan program di beberapa terminal.Sistem yang dikenal dengan nama TSS atau Time Sharing System. Sistem ini merupakan sistem pertama yang benar – benar mengimplementasikan dan juga menjadi cikal bakal network atau jaringan yang kita kenal hingga saat ini.

TSS ini merupakan suatu sistem dimana sebuah komputer dapat melayani beberapa terminal yang memungkinkan satu komputer bertindak sebagai server atau host, yang dapat diakses dengan menggunaakn terminal atau workstation, atau client – client yang tersedia dalam waktu bersamaan.


3.1970-an – Distribution Processing: Perkembangan dari TSS
Sistem jaringan ini disebut dengan nama proses distribusi atau dalam bahasa Inggris memiliki nama asli Distribution Processing.

Kelebihan dari Distribution Processing

Penggunaan sistem ini memungkinkan lebih dari 2 host dalam mengerjakan tugasnya, dimana masing – masing host atau server mampu melayani banyak terminal atau client. kemampuan dari sebuah host ataupun server dalam mengolah data dan melayani station atau terminal menjadi lebih optimal, karena dapat menghandle banyak sekali terminal.

Perkembangan berikutnya :

1.1972 + Terobosan baru: Surat Elektronik dan ARPANET
Selanjutnya pada tahun 1972, seseorang bernama Roy Tomlison berhasil mengembangkan suatu sistem surat elektronik, yang kita kenal hingga hari ini sebagai pembawa pesan dengan waktu yang sangat cepat.Setelah email berkembang pesat dan banyak diminati, Roy membangun suatu jaringan yang diberi nama ARPANET, yang ternyata sangat mudah untuk digunakan hingga saat ini.2.1973 + Kelahiran dari internet atau jaringan internasional (International Network)

Setahun berikutnya pada tahun 1973, ada dua orang ahli koputer yang mulai mengembangkan dan mengusulkan sebuah jaringan komputer yang sangat luas dan dapat digunakan oleh seluruh dunia. Vinton Cerf dan juga Bob Kahn adalah kedua menjadi sebuah cikal bakal dari terciptanya internet atau international network.4.1980 – an : Standarisasi jaringan dengan menggunakan TCP/IP

Pada tahun 1982, sebuah protokol dibuat, yang diperi nama TCP (transmission Control Protocol) atau yang saat ini sering kali kita kenal dengan istilah IP alias Internet Protocol. Protokol ini memungkinkan banyak komputer dapat saling terhubung ke dalam sebuah jaringan international yang dapat menghubungkan banyak user di seluruh dunia.Perkembangan berikutnya :

1984 + : Pengenalan Domain Name System
Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem domain. Sistem domain ini kemudian dapat menyeragamkan alamat – alamat yang berada pada jaringan yang samal dengan istilah domain name system atau DNS, dimana dalam satu DNS terdapat beberapa alamt yang berbeda, dan dapat dikunjungi oleh banyak orang, siapapun itu yang sudah terhubung ke dalam jaringan internet.Penggunaan Local Area Network

Jenis jaringan pertama yang digunakan adalah LAN. Sistem jaringan ini dikenal dengan istilah Peer to Peer Local Area Network. Koneksi jaringan komputer peer to peer LAN ini memungkinkan dua komputer bisa saling terhubung dan juga terkoneksi ke dalam suatu jaringan, tanpa membutuhkan suatu host ataupun server.1988 + Internet Relay Chat, Fitur yang mulai berkembang pesat

Pada era 1980an tepatnya tahun 1988, seorang berkebangsaan Finlandia yaitu Jarkko Oikaren mengembangkan suatu sistem chatting berbasi jaringan komputer secara luas dengan menggunakan internet. Sistem ini dinamakan sebagai internet relay chat (IRC) dimana pada penggunanya sebagai user dapat melakukan chatting dengan menggunakan jaringan internet.

Keunggulan Internet Relay Chat

Pada saat itu, fitur cat seperti ini merupakan salah satu terobosan baru, karena pada saat ini fitur berkirim pesan seperti SMS juga belum populer, atau bahkan mungkin belum ada. Dengan adany apengembangan aplikasi Chatting tersebut, pada tahun – tahun itu penggunaan komputer dan juga masuknya komputer ke dalam jaringan bertambah dengan sangat pesat. Kira – kira, masuknya komputer ke dalam suat jaringan komputer secara internasional (internet) melonjak hingga 10 kali lipat, meskipun belum memiliki fitur yang canggih seperti saat ini.

5.1990-an : Kelahiran WWW atau World Wide Web

Pada era tahun 1990,seorang bernama Tim Berners Lee mulai mengembangkan dan merancang suatu penyunting dan juga progam yang dapat melihat isi dari interrnet dengan nama WWW atau World Wide Web.Pengembangan dari WWW ini sangat memungkinkan antar komputer agar dapat melakukan penjelajahan dan memberikan akses bagi dalam membentuk suatu jaringan

Fitur – fitur yang berkembang pada era www

Pada tahun ini pula, anda sudah mulai bisa berbelanja dengan menggunakan alamat website, yang dikenal dengan istilah e-retail, yang saat ini berkembang menjadi e-commerce.Pada tahun ini pula Yahoo mulai berdiri, dan muncullah penggunaan netscape navigator sebagai alat ataupun browser yang dapat digunakan untuk melakukan browsing beberapa situs dan juga alamat yang terdaftar di dalam jaringan internet.

Adapun dari materi Sejarah Jaringan Komputer yang saya terapkan semoga dapat menjadi bermanfaat dan menambah ilmu bagi anda semua.Sekian dan terimakasih atas kunjungan anda.