Pengertian Perangkat Lunak/Software Komputer

Posted on

Pengertian Perangkat Lunak Komputer. Dalam sebuah komputer pastinya ada perangkat keras komputer dan perangkat lunak, kedua unsur tersebut merupakan suatu bagian yang tak terpisahkan, semua bekerja dengan sistem yang sudah di tentukan.

Dalam Belajar Komputer pasti anda di haruskan mengetahui dasar-dasar komputer terlebih dahulu sebelum belajar ke tahap yang lebih lanjut, semua itu bisa dicapai dengan baik jika anda mengetahuinya sejak awal.

Perangkat lunak komputer atau Software merupakan pemrogaman dasar yang fungsinya kurang lebih untuk menjalankan perintah khusus sesuai dengan progam / aplikasi yang ada dalam komputer itu, jika kita berbicara software jaman sekarang ini sudah banyak sekali software yang bisa digunakan untuk beragam kebutuhan dari mulai software ringan maupun berat.

Memang kecanggihan dan perkembangan teknologi semakin pesat saat ini dari berbagai versi windows, Mac-Os dan sebagainya, termasuk yang lagi gempar adalah sistem android. guna menambah wawasan anda dalam dunia komputer terutama bagi yang masih dalam tahap belajar materi tkj akan berikan sedikit informasi yaitu pengertian perangkat lunak komputer, artikel ini merupakan sambungan dari postingan saya sebelumnya mengenai dasar dasar komputer, mari kita simak apa saja pengertian software itu?

pengertian perangkat lunak komputer

Pengertian Perangkat Lunak / Software

Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan “bahasa pemrograman” yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware., Berikut beberapa arti software yang saya rangkum dari berbagai sumber;

  1. Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah
  2. Perangkat lunak adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.(wikipedia.org)
  3. Pengertian perangkat lunak (software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yg disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yg dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Fungsi Perangkat Lunak

Adapun Fungsi perangkat lunak (software) adalah memproses data atau perintah / instruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan sebuah perintah perintah.
Berfungsi sebagai sarana interaksi yg menghubungkan atau menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat keras.

Demikian sedikit informasi yang bisa saya berikan mengenai perangkat lunak komputer, semoga bisa menambah wawasan kita semua dalam belajar komputer.

Incoming search terms:

2 thoughts on “Pengertian Perangkat Lunak/Software Komputer

Comments are closed.