Pengertian Kabel Twisted Pair Lengkap Dengan Kategori Serta Jenisnya

Posted on

Pengertian Kabel Twisted Pair Dan Jenis / Tipenya. Dalam dunia jaringan komputer pastinya kita tidak akan lepas dari semua kebutuhan perangkat yang dibutuhkan untk memperlancar kinerja dari suatu jaringan tersebet, seperti contohnya kabel twisted pair ini.

Kabel twisted pair merupakan kabel yang digunakan secara umum dalam dunia jaringan komputer, baik untuk menghubungkan perangkat keras jaringan komputer antara satu dengan lainnya, guna menambah wawasan anda dalam memahami dunia jaringan, kali ini materi tkj akan berbagi sedikit informasi ini mengenai Pengertian Kabel Twisted Pair Lengkap Dengan Kategori Serta Jenisnya. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya.

Pengertian Kabel Twisted Pair

Kabel Twisted pair ini kalau diartikan dalam bahasa indonesia kurang lebih memiliki arti kabel pasangan berbelit, yang mana jika kita simpulkan bahwa kabel ini berpasangan antara satu kabel dengan satu kabel lainnya. nanti anda akan tahu dan lebih jelas lagi.

pengertian kabel twisted pair

Dari Wikipedia dijelaskan bahwa pengertian twisted pair cable adalah sebuah bentuk kabel yang dua konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung (UTP cables), dan wicara silang (crosstalk) di antara pasangan kabel yang berdekatan.

Id.Wikipedia.org

Kabel Twisted pair merupakan media guided yang paling hemat dan paling banyak digunakan. Jenis media transmisi ini merupakan media transmisi yang paling umum untuk Media ini terdiri atas dua kawat yang disusun dan disekat dalam suatu pola spiral beraturan. Sepasang kawat bertindak sebagai satu jalur komunikasi tunggal.

Beberapa pasangan kawat di bundle menjadi satu kabel dengan cara dibungkus dalam sebuah pelindung yang lebih keras. Masing-masing kawat diberi warna yang berbeda satu dengan yang lain. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam proses wiringnya, terutama dalam pemasangan kabel kedalam konektor.

Jenis Konektor Kabel Twisted Pair

Jenis konektor yang digunakan untuk kabel ini adalah konektor seri Registered Jack (RJ), dan tergantung dari jenis kategorinya. Untuk kategori 2 sampai 4 menggunakan RJ11 (4-pin), sedangkan untuk kategori 5 keatas menggunakan RJ45. (8 pin). sinyal analog dan sinyal digital. Biasanya digunakan sebagai saluran utama (backbone) pada local area network (LAN).Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya;

Kategori Kabel Twisted Pair Berdasarkan karakteristik transmisinya

Kabel jenis twisted pair terdiri atas beberapa kategori didasarkan pada karakteristik transmisinya sehingga masing-masing kategori mempunyai laju data yang berbeda untuk bermacam aplikasi komunikasi.

  1. Kategori 1 hanya digunakan untuk komunikasi suara, biasanya digunakan untuk kabel telepon. Sebelumnya dipakai untuk POST (Plain Old Telephone Service) dan ISDN.
  2. Kategori 2 dapat menghubungkan perangkat yang karakteristik transmisinya sampai dengan 4 Mbps (LocalTalk).
  3. Kategori 3 digunakan untuk transmisi dengan maksimum laju data sampai dengan 10 Mbps – 16 Mbps (Ethernet).
  4. Kategori 4 digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan karakteristik laju transmisinya s/d 20 MHz (16 Mbps Token Ring).
  5. Kategori 5 digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan karakteristik transmisinya s/d 100 MHz. dikenal dengan istilah Fast Ethernet.
  6. Katgori 5e merupakan perbaikan kualitas dari kategori 5 walaupun laju data tetap pada 100 Mbps.
  7. Kategori 6 dan Kategori 7 digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan karakteristik transmisinya 250 Mbps – 600 Mbps (kualitas baik dapat menyampaikan data dengan laju 1 Gbps). dikenal dengan istilah Gigabit Ethernet. ‘

Berikut Tabel Kategori tabel twisted pair bisa anda pahami lebih lanjut;

Jenis Kabel Twisted Pair

Jenis kabel twisted pair, berdasarkan fisiknya terbagi atas empat macam, yaitu :

1. Unshielded Twisted Pair (UTP)

macam-macam kabel twisted pair

2. Shielded Twisted Pair (STP)

jenis kabel twisted pair

3. Screened Shielded Twisted Pair (S/STP)

jenis kabel twisted pair

4. Screened Unshielded Twisted Pair (S/UTP) / Foiled Twisted Pair (FTP)

kabel twisted pair

Susunan Warna Kabel Twisted Pair

Pada kabel twisted pair kategori 5 atau 6 yang terdiri atas 8 kawat tunggal dengan susunan warna sebagai berikut: :

  1. White Orange
  2. Orange
  3. White Green
  4. Green
  5. White Blue
  6. Blue
  7. White Brown
  8. Brown

Untuk lebih mudah memahami urutan kabel yang ada pada kabel twisted pair anda bisa menyimak pada gambar berikut;

Demikian informasi singkat dari materi tkj dan belajar komputer pada kesempatan kali ini dalam mengenal pengertian kabel twisted pair, kategori twisted pair dan juga jenis kabel twisted pair, semoga bisa bermanfaat dan membantu tugas anda, selamat belajar

4 thoughts on “Pengertian Kabel Twisted Pair Lengkap Dengan Kategori Serta Jenisnya

  1. Ternyata kabel seperti itu ada spesifikasi khususnya ya Pak,
    Padahal dulu saya sering menyambung kabel LAN yang seratnya lepas dengan kabel bekas Headset yang rusak.hehe

Comments are closed.