Pengertian Topologi Jaringan

Posted on

Pengertian Topologi Jaringan. Dalam jaringan komputer sebelum kita memulai membangun jaringan dengan baik maka perlu diketahui bagaimana model / topologi yang kita terapkan, karena memang dalam membangun jaringan komputer tidak semudah yang kita bayangkan.

Jaringan komputer memang kompleks sekali jika dipelajari satu-satu, maka dari itulah alangkah baiknya sebelum kita belajar lebih lanjut apa saja yang harus kita pelajari dalam belajar jaringan komputer maka perlu anda mengenal dari basic / dasar terlebih dahulu.

Untuk menambah wawasan anda dalam belajar tkj atau memami jaringan komputer, kali ini materi tkj akan sedikit berbagi informasi penting ini kepada anda semuanya, khususnya pengertian topologi jaringan, ok deh langsung saja mari kita pelajari sama-sama.

pengertian toplogi jaringan

Pengertian Topologi Jaringan

Pengertian Topologi jaringan dalam telekomunikasi adalah suatu cara menghubungkan perangkat telekomunikasi yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Dalam suatu jaringan telekomunikasi, jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi.

Untuk itu maka perlu dicermati kelebihan/keuntungan dan kekurangan/kerugian dari masing ‐ masing topologi berdasarkan karakteristiknya.
Jenis Topologi Jaringan :

  1. Topologi BUS
  2. Topologi Star
  3. Topologi Ring
  4. Topologi Mesh
  5. Topologi Extended Star
  6. Topologi Hierarchical
Sebenarnya pembagian topologi sudah saya jelaskan pada postingan yang lalu, jadi tidak akan saya jelaskan secara rinci disini, anda bisa langsung menyimak dan membacanya mengenai macam-macam topologi jaringan.
Demikian yang bisa materi tkj berikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan khususnya bagi anda yang masih duduk dalam bangku SMK khususnya yang berjurusan TKJ, sampai ketemu di lain kesempatan ya,.