Macam-macam Perangkat Jaringan Komputer

Posted on

Perangkat Jaringan Komputer.Jaringan komputer (jaringan) merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). yang mana kita bisa mendapatkan semua informasi yang kita butuhkan jika terhubung melalui internet.

Setelah anda mempelajari pengertian jaringan komputer beserta sejarah jaringan komputer, kini saatnya anda untuk lebih mendalami mengenai jaringan komputer ini, khususnya mengenal perangkat jaringan komputer.

Sebenarnya pada jaringan komputer pun juga dikenal dengan perangkat keras atau yang disebut dengan hardware, perangkat ini merupakan satu kesatuan yang mana memiliki fungsi yang berbeda tetapi memiliki alur dan tujuan yang jelas untuk bisa terkoneksi dengan internet, jadi semua komponen / alat yang dibutuhkan untuk jaringan komputer tidak bisa dipisahkan dan saling melengkapi.

Tidak usah lama-lama saya menjelaskan lebih lanjut, anda bisa langsung belajar lengkap mengenai materi tkj dan tutorial komputer hanya disini, khususnya pada kesempatan kali ini yang akan jadi pokok bahan pelajaran kita adalah perangkat jaringan komputer, berikut penjelasan lebih lanjutnya;

Perangkat Jaringan Komputer

Sebenarnya apa saja sih perangkat dalam jaringan komputer itu ?, tentu dalam beberapa kasus dibutuhkan peralatan yang mumpuni dan besar untuk digunakan sebagai bahan membuat jaringan komputer secara luas, jika anda ingin membangun jaringan komputer dalam skala kecil bisa menggunakan peralatan seadanya, ok deh berikut lebih lengkapnya anda bisa melihat alat dalam jaringan komputer

Komputer Server

perangkat jaringan komputer

Komputer server ini adalah ujung tombak terjadinya serangkaian komunikasi jaringan dalam beberapa komputer client, dan komputer server sendiri memiliki aplikasi khusus serta sistem operasi dan database khusus untuk menunjang komunikasi antar client agar berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga akses jaringan dari klient ke komputer server dapat berjalan dengan baik.

Komputer Klient

Nah seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa komputer klient ini berfungsi untuk mengakses data atau informasi yang bersumber dari komputer server. komputer klient dapat mengambil informasi dan data yang dibutuhkan dengan adanya koneksi ke komputer server. komputer klient sendiri berjumlah variatif tergantung kegunaan dan skala yang digunakan, bisa puluhan, ratusan bahkan jutaan, tergantung dari kemampuan server untuk berkomunikasi dengan klient, dan biasanya ada batasan khususnya.

Kartu Jaringan / NIC ( Network Interface Card )

perangkat jaringan komputer

Kartu jaringan disebut juga dengan LAN Card / Local area network card yang mana ini bisa dikatakan sebagai jembatan utama sebagai penghubung antara komputer server ke klient, tanpa adanya kartu jaringan ini komputer tidak akan bisa berkomunikasi satu sama lain. maka dari itu sudah saya bilang diatas bahwa perangkat dalam jaringan komputer adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Switch Hub

macam-macam perangkat jaringan komputer

Switch hub atau dikenal dengan nama HUB saja, ini bertugas sebagai pembagi sinyal data ke beberapa klient, misal saja jika kita ingin membagi koneksi ke 10 klient maka kita membutuhkan hub dengan 10 port yang mana IP maupun DNS nya bisa di jadikan satu, jadi untuk memperluas jaringan internet hub ini juga dibutuhkan untuk mempermudah terhubungnya komunikasi jaringan dari satu komputer server ke beberapa klient.

Kabel dan Konektor

perangkat jaringan komputer

Kabel ini berfungsi menghubungkan dari komputer server ke komputer klient yang mana tetap melewati kartu jaringan agar komunikasi antara server dan klient bisa berfungsi dengan baik, adapaun jenis kabel LAN ini bisa dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :

  • Kabel Coaxial
  • Kabel UTP
  • Kabel STP
  • Kabel FO / Fiber Optik

Tidak akan saya jelaskan dulu mengenai pembagian kabel LAN ini, dilain kesempatan akan saya bahas secara detail.

Repeater

Dalam dunia jaringan jarak yang bisa terhubung dengan baik antara satu komputer ke komputer lain hanya berkisar 100 meter saja, maka dari itulah dibutuhkan repeater yang berfungsi sebagai pemroses ulang jaringan jarak jauh agar seperti servernya, jadi ini tidak merubah alamt ip dan sebagainya

Router / Bridge

perangkat jaringan komputer

Router ini membagi jaringan agar tidak bercampur dengan jaringan lain, jadi sifatnya hanya sebagai pengalih jaringan agar komunikasi data bisa berjalan dengan lancar, sebagai contoh Router modem itu menjadi media calling data ke server untuk bisa digunakan oleh klient, jenis router ini juga banyak, lain kali deh saya jelaskan secara rinci.

Firewall

Ini bertugas sebagai pengaman jaringan komputer agar terhindar dari virus maupun orang jail yang ingin mencuri jaringan secara gratis

Nah cukup sekian dulu deh informasi materi tkj yang bisa jelaskan mengenai macam-macam perangkat jaringan komputer, semoga bisa bermanfaat dan wawasan anda dalam belajar dunia jaringan, tunggu episode mendatang untuk informasi lebih lengkapnya, terimakasih

2 thoughts on “Macam-macam Perangkat Jaringan Komputer

Comments are closed.