Tujuan dan Manfaat Penggunaan Basis Data

Posted on

Pada materi tkj yang lalu khususnya dalam materi basis data sudah saya jelaskan lebih rinci mengenai komponen dan manajemen basis data, nah waktunya kita lanjut ke materi berikutnya untuk lebih menguasai materi basis data ini.

Pada materi basis data khususnya bagi para pengguna akan sangat berpengaruh penting apa sebenarnya fungsi dari penggunaan basis data itu, sudah pada tahu belum nih buat anda semua yang berjuruan TKJ maupun TI, jika belum tahu tidak usah kawatir saya akan mencoba membahas dan menjelaskan secara rinci buat anda semuanya. langsung saja berikut keterangan yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini yaitu tujuan dan manfaat penggunaan basis data. baca dengan teliti ya biar anda paham semuanya.

Tujuan Penggunaan Basis Data

Kesuksesan suatu organisasi bergantung pada kemampuannya menangkap data secara akurat dan tepat waktu. Hal tersebut berkaitan dengan operasi dan pengaturan data secara efektif, maupun penggunaan data untuk keperluan analisis untuk kebutuhan pendukung keputusan. Kemampuan untuk mengatur atau mengolah sejumlah data, dan kecepatan untuk mencari informasi yang relevan, adalah aset yang sangat penting bagi suatu organisasi.

manfaat basis data

Untuk mendapatkan himpunan data yang besar dan kompleks, user harus memiliki alat bantu (tools) yang akan menyederhanakan tugas manajemen data dan mengekstrak informasi yang berguna secara tepat waktu.

Beberapa tujuan penggunaan basis data adalah sebagai berikut :

  • Kecepatan dan Kemudahan (Speed) , melalui basis data diharapkan pengguna dapat melakukan penyimpanan, perubahan dan menampilkan kembali dengan cepat dan mudah.
  • Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space). Penggunaan basis data mampu mengurangi pengulangan atau redundansi data. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan sejumlah pengkodean atau dengan membuat relasirelasi (dalam bentuk file) antara kelompok data yang saling berhubungan.
  • Keakuratan (Accuracy), melalui basis data data keakuratan data lebih terjaga dengan menerapkan aturan dan batasan tertentu (constraint), tipe data, domain data dan keunikan data
  • Ketersediaan (Availability). Dengan basis data data yang sudah tidak dipakai dapat dipisahkan dari sistem database yang sedang aktif. Hal ini dapat dilakukan dengan cara penghapusan atau memindahkannya ke media backup untuk menghemat ruang penyimpanan. Selain itu dapat memanfaatkan teknologi jaringan komputer agar data yang berada di suatu lokasi atau cabang daat juga diakses oleh lokasi atau cabang lainnya.
  • Kelengkapan (Completeness). Agar data yang dikelola senantiasa lengkap baik relatif terhadap kebutuhan pemakai maupun terhadap waktu. Hal ini dapat dilakukan melaluipenambahan record-record data, perubahan struktur basis data, menambah field pada tabel atau menambah tabel baru.
  • Keamanan (Security). Walaupun tidak semua sistem basis data menerapkannya, keamanan dalam penggunaan basis data diperlakukan pada sistem yang besar dan serius. Dengan penerapan ini, setiap pengguna dibedakan hak aksesnya; yakni ditentukan obyek-obyek mana saja yang bisa diakses dan proses apa saja yang bisa dia dilakukan.
  • Kebersamaan (Sharability). Agar data yang dikelola oleh sistem mendukung lingkungan multiuser (banyak pemakai) dengan menjaga / menghindari munculnya problem baru seperti inkonsistensi data (karena terjadi perubahan data yang dilakukan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan) atau kondisi deadlock (karena ada banyak pemakai yang saling menunggu untuk menggunakan data).
Sekarang sudah pada tahu kan apa saja manfaat penggunaan basis data, cukup disini dulu materi tkj kali ini, kita sambung pada kesempatan mendatang ya.semoga bermanfaat, terimakasih

16 thoughts on “Tujuan dan Manfaat Penggunaan Basis Data

  1. meskipun saya bukan anak tkj dan ti saya juga boleh nyimak kan mas?rada kurang faham sih soalnya dulu saya rada ga mempedulikan pelajaran komputer.hehe
    mungkin saya masih harus belajar lagi sama mas pur buat memanfaatkan penggunaan basis data.terimakasih 🙂

  2. hem iya mas, memang penting kita memahami basis data khususnya dalam memanajemen suatu aplikasi tertentu, dan tentunya mempermudah pekerjaan kita

Comments are closed.