Pengertian Jaringan Komputer

Posted on

Pengertian Jaringan Komputer. Materi tkj kali akan saya bahas lebih detail mengenai pengertian jaringan komputer, jika pada pertemuan yang lalu sudah saya jelaskan rinci mengenai sejarah jaringan komputer kini saatnya anda tahu apa itu pengertian jaringan komputer?

Dalam dunia komunikasi, peranan perangkat pendukung dan media sangat menentukan efisiensi komunikasi, terutama yang berkaitan dengan fungsinya sebagai pengirim atau penerima informasi. Peranannya tidak hanya sebagai perangkat yang dapat mendefinisikan informasi dari pengguna kepada sistem komunikasi atau sebaliknya, akan tetapi mempengaruhi performa dan teknologi dari jenis komunikasi yang digunakan.

Komunikasi yang dilakukan secara konvensional, hanya dapat mengirimkan informasi yang terbatas, tidak jarang kondisi jarak pun menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Komunikasi dengan menggunakan perangkat telepon analog, informasi yang dikirimkan hanya berupa suara (komunikasi audio) atau teks dengan media faximille. Akan tetapi dengan menggunakan perangkat dan teknologi digital, contohnya komputer,maka informasi yang dikirimterimakan tidak hanya dalam bentuk audio, tetapi informasi dalam bentuk video dan data pun dapat ditumpangkan.

pengertian jaringan komputer

Jaringan komputer sebagai salah satu aplikasi komunikasi data, dapat mengirimkan informasi dalam bentuk apapun (teks, suara maupun gambar) dari suatu komputer (host) dengan terlebih dahulu mengubahnya ke dalam bentuk digital untuk selanjutnya dikirimkan ke komputer lain yang terhubung secara fisik maupun logika dengan komputer lain.

Beragam keperluan/aplikasi komunikasi yang dalam prosesnya memanfaatkan jaringan komputer ini, diantaranya pertukaran data, informasi, pencetakan pada printer yang sama, bahkan keperluan untuk bersama-sama menggunakan aplikasi atau devais yang terhubung dengan jaringan.

Komputer sebagai terminal komunikasi data diatur bagaimana dia terhubung dengan komputer lain secara fisik dengan aturan yang dikenal dengan Topologi. Selanjutnya untuk kepentingan pertukaran data, maka protokol mengatur bagaimana sebuah komputer berkomunikasi dengan komputer lainnya.
Banyak manfaat yang didapat dari implementasi jaringan komputer, diantaranya jaringan komputer dapat digunakan untuk berbagai keperluan komunikasi dengan beragam jenis informasi, baik suara, gambar teks atau gabungan antara ketiganya.

Pengertian Jaringan Komputer

Dari beberapa penjelasan diatas sudah terdapat penjelasan singkat yang dapat saya simpulkan apa itu definisi jaringan komputer ? Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).

Jaringan komputer merupakan kumpulan terminal komunikasi (komputer personal) yang saling terintegrasi melalui media fisik tertentu dalam satu kendali teknis untuk keperluan aplikasi komunikasi tertentu.

Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dai tinjau dari manfaat jaringan komputer pada jaman sekarang ini memang memiliki fungsi yang sangat berperan aktif dalam penggunaan teknologi, salah satunya adalah membantu menyelesaikan tugas dengan cepat. selain itu jaringan komputer di bagi menjadi beberapa bagian, untuk lebih jelasnya anda bisa membaca lebih lanjut mengenai macam-macam jaringan komputer

Cukup sekian dulu uraian singkat mengenai pengertian jaringan komputer dari materi tkj yang bisa di jelaskan, kita sambung kesempatan mendatang, terimakasih