Komponen Dan Manajemen Basis Data

Posted on

Masih semangatkah anda untuk belajar lebih lanjut dalam memahami materi basis data khususnya untuk para pelajar SMK yang berjurusan TKJ,TI dan yang berhubungan dengan teknologi komputer maupun jaringan.

Jika pada kesempatan lalu saya sudah jelaskan secara rinci pengenalan dasar basis data yaitu pengertian basis data, nah mari kita lanjutkan materi tkj berikutnya untuk mengenal lebih lanjut apa itu sebenarnya basis data.

Dalam materi basis data banyak hal yang pelu anda ketahui bahwasanya memang kita harus mengenal dasarnya terlebih dahulu baru ketingkat lebih mahir, untuk menyingkat waktu langsung mari kita bahas apa itu komponen basis data dan manajemen basis data.

Komponen Basis Data

Basis data adalah merupakan suatu sistem yang dibangun oleh beberapa komponen diantaranya ada enam komponen pokok antara lain ialah:

  1. Perangkat keras (hardware) dalam sistem komputer. Dalam sistem pengolahan basis data digital perangkat utama sebagai pengolah data dalah komputer.
  2. Perangkat Lunak Aplikasi (software) lain yang mendukung dan bersifat opsional. Perangkat lunak digunakan untuk mendukung proses pengelolaan basis data. Misal: bahasa pemrograman C, basic pascal.
  3. Sistem Operasi (operating system). Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola aplikasi basis data dan penggunaan sumberdaya komputer.
  4. Basis data data lain yang mempunyai keterkaitan dan hubungan dengan basis data itu sendiri. Berisi atau memiliki objek-objek basis data seperti file, table, indeks . Mempunyai disfinisi struktur baik untuk basis data maupun objek-objek secara detail.
  5. Sistem Pengelola Basis Data Database Management System atau database managemen system (DBMS). Merupakan program aplikasi untuk pengelolaan basis data, seperti Microsoft acces, oracle dan lian-lain
  6. Pemakai (user), yaitu pengguna yang terlibat dalam pengelolaan basis dan penggunaan basis data.

Manajemen Basis Data

Sistem manajemen basis data adalah merupakan sebuah tatanan (keterpaduan) yang terdiri atas sejumlah komponen-komponen fungsional (komputer) yang saling berhubungan secara bersama-sama, bertujuan untuk memenuhi suatu proses atau pekerjaaan tertentu. Sistem ini merupakan gabungan antara basis data dan kumpulan program atau perangkat lunak DBMS (database management system).

Konsep system basis data dan DBMS

DBMS adalah program aplikasi yang dibuat dan bekerja dalam satu system. DBMS didesain untuk membantu dalam hal pemeliharaan dan utilitas kumpulan data dalam jumlah besar. DBMS dapat menjadi alternatif penggunaan secara khusus untuk aplikasi, misalnya penyimpanan data dalam field dan menulis kode aplikasi yang spesifik untuk pengaturannya. Kumpulan file (table) yang saling berhubungan dalam di sebuah komputer dan sekumpulan program yang memungkinkan beberapa pemakai dan atau program lain untuk mengakses dan memanipulasi file-file atau table-tabel tersebut.

Nah sudah jelas sekarang kan, apa itu komponen basis data dan manajemen basis data, untuk berikutnya saya akan jelaskan lebih rinci lagi,jadi selalu tongkrongi materi tkj untuk mendapatkan update terbarunya, semoga bermanfaat, terimakasih