Cara Kerja Web Dan Anatomi Web

Posted on

Setelah anda semuanya memahami apa sebenarnya web itu, kini saatnya anda mengetahui bagaimana web itu bekerja ?, seperti kita ketahui bahwa web itu biasa dikenal WWW / world wide web, nah jika kesempatan yang lalu saya sudah jelaskan mengenai sejarah web, kali ini mari kita bahas lebih lanjut bagaimana cara kerja web ?

Materi tkj akan selalu berusaha memberikan informasi serta materi penting terkait dengan jurusan TKJ, sehingga dengan adanya web ini saya harap rekan siswa semua bisa terbantu. mari langsung saja kita pahami cara kerja web, berikut rincian detailnya;

Cara Kerja Web

Sebuah web browser adalah program perangkat lunak yang gunakan untuk mengakses World Wide Web dari Internet. Browser pertama, yang disebut NCSA Mosaic, dikembangkan di Pusat Nasional untuk Aplikasi Super Komputer di awal 1990-an. Yang mudah digunakan, cukup klak-klik sehingga membantu mempopulerkan Web.

cara kerja web

Meskipun banyak browser yang berbeda yang tersedia, Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox yang jauh yang paling populer. (Banyak pengguna Mac lebih memilih browser Safar) Persaingan untuk mendominasi pasar telah membawa perbaikan terus-menerus untuk perangkat lunak. (keduanya didasarkan pada NCSA Mosaic) dapat mendownload Internet Explorer dan Firefox secara gratis dari situs web masing-masing perusahaan. Jika sudah memiliki satu browser, dapat menguji yang lain. Juga mencatat bahwa ada sedikit perbedaan antara versi Windows dan Macintosh.

Anatomi Browser

Ketika pertama kali membuka browser web, biasanya dengan mengklik dua kali pada icon di desktop Anda, halaman web yang telah ditetapkan muncul. Halaman ini disebut sebagai halaman “home” atau halaman awal. Dengan Firefox misalnya, mungkin akan dibawa ke halaman rumah Mozilla atau ke halaman yang dipilih oleh penyedia layanan Internet. Tetapi jika ingin, dapat dengan mudah mengubah halaman awal.

The World Wide Web sampai saat ini adalah bagian yang paling populer dari Internet. Setelah menghabiskan waktu di Web akan merasa bahwa tidak ada batas untuk apa yang dapat temukan. Web memungkinkan kaya dan beragam komunikasi dengan memungkinkan untuk mengakses dan berinteraksi dengan teks, grafis, animasi, foto, audio dan video.

Jadi apa saja yang membentuk web ini? Pada tingkat yang paling sederhana, Web secara fisik terdiri dari komputer pribadi atau perangkat mobile, perangkat lunak web browser, sambungan ke penyedia layanan Internet, komputer yang disebut server yang disebut hosting dan router dan switch yang mengarahkan aliran informasi.

Ada banyak pilihan perangkat lunak server, tetapi dua yang paling populer adalah Apache ( perangkat lunak open source ) dan Layanan Informasi Internet Microsoft ( IIS ). Apache tersedia secara bebas untuk komputer berbasis Unix dan dapat diinstal pada Mac menjalankan Mac OS X. Ada versi Windows juga. Microsoft IIS adalah bagian dari keluarga Microsoft.

Setiap komputer dan perangkat (modem, router, smartphone, mobil, dll) yang terhubung ke Internet diberi alamat IP numerik yang unik (IP singkatan dari Internet Protocol). Sebagai contoh, komputer yang dihosting oreilly.com memiliki alamat IP 208.201.239.100. Semua angka-angka tersebut dapat memusingkan, untungnya ada Domain Name System (DNS) yang dikembangkan untuk memungkinkan kita untuk merujuk ke server dengan nama domainnya, ” oreilly.com “, juga. Alamat IP numerik berguna untuk perangkat lunak komputer, sedangkan nama domain adalah lebih mudah diakses oleh manusia. Pencocokan nama domain teks ke alamat IP numerik masing-masing adalah tugas dari server DNS yang terpisah.

Hal ini dimungkinkan untuk mengkonfigurasi server web sehingga lebih dari satu nama domain dipetakan ke satu alamat IP, yang memungkinkan beberapa situs untuk berbagi server tunggal.

Sebuah halaman web adalah dokumen elektronik yang ditulis dalam bahasa komputer yang disebut HTML, singkatan dari Hypertext Markup Language. Setiap halaman web memiliki alamat yang unik, yang disebut URL atau Uniform Eerources Locator yang mengidentifikasi di mana web server yang memuat dokumen web.

Sebuah website memiliki satu atau lebih halaman web terkait, tergantung pada bagaimana itu dirancang. Halaman web pada situs yang dihubungkan bersama melalui sistem hyperlink, memungkinkan untuk melompat di antara halaman web dengan mengklik pada link.

Bila menelusuri World Wide Web akan melihat istilah yang sering disebut “home page”. Ini adalah halaman sebagai titik awal dari sebuah situs web. Seperti daftar isi dari buku atau majalah, “home page” biasanya memberikan gambaran tentang apa yang akan temukan di website. Situs dapat memiliki satu halaman, yang panjang beberapa atau ribuan halaman. Jika tidak ada banyak informasi, “home page” mungkin satu-satunya halaman. Tapi biasanya akan menemukan setidaknya beberapa halaman lainnya.

Halaman Web bervariasi dalam desain dan konten, tetapi banyak menggunakan format majalah tradisional. Di bagian atas halaman adalah masthead atau grafis banner, maka daftar item, seperti artikel, sering dengan penjelasan singkat. Item dalam daftar biasanya link ke halaman lain di situs, atau situs lain. Kadang-kadang link ini disorot kata-kata dalam tubuh teks, atau disusun dalam daftar, seperti indeks. Mereka juga dapat menjadi kombinasi dari keduanya. Sebuah halaman web mungkin juga “panas” gambar yang link ke konten lainnya.

Bagaimana bisa membedakan mana teks yang ada tautan/link? Link muncul dalam warna yang berbeda dari teks – biasanya dengan warna biru dan sering digarisbawahi. Bila memindahkan kursor di atas link teks atau melalui link grafis, perubahan icon dari panah ke tangan.

Web adalah media yang dinamis. Untuk mendorong pengunjung untuk kembali ke sebuah situs, banyak penerbit web memperbarui konten sering. Itulah yang membuat Web sangat menarik.

Bagaimana Web Bekerja ?

  1. Meminta halaman web dengan baik mengetik URL -nya ( misalnya, http:// jenskitchensite.com ) langsung di browser atau dengan mengklik pada link pada halaman. URL yang berisi semua informasi yang diperlukan untuk menargetkan sebuah dokumen tertentu pada server web tertentu di Internet.
  2. Browser mengirimkan Permintaan HTTP ke server yang disebutkan dalam URL dan meminta untuk file tertentu. Jika URL menentukan sebuah direktori (bukan file), itu adalah sama dengan meminta file default dalam direktori tersebut.
  3. Server mencari file yang diminta dan mengeluarkan respon HTTP. 
    • Jika halaman tidak dapat ditemukan, server mengembalikan pesan kesalahan. Pesan tersebut biasanya mengatakan “404 Not Found,” meskipun pesan kesalahan lebih ramah dapat diberikan.
    • Jika dokumen ditemukan, server mengambil file yang diminta dan kembali ke browser.
  4. Browser mem-parsing dokumen HTML. Jika halaman berisi gambar (ditandai dengan elemen img HTML) atau sumber daya eksternal lainnya seperti script, kontak peramban server lagi untuk meminta setiap sumber daya yang ditentukan dalam markup.
  5. Browser menyisipkan setiap gambar dalam aliran dokumen di tempat yang ditentukan oleh elemen img. Semua media ditampilkan dalam sebuah halaman web.

Cukup sekian dulu yang bisa saya berikan pada postingan kali ini , semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam memahami materi pemrogaman web, selamat belajar ya.

Incoming search terms:

4 thoughts on “Cara Kerja Web Dan Anatomi Web

Comments are closed.