Pengertian Basis Data

Posted on

Dalam materi Basis Data khususnya bagi anda yang sedang menempuh pembelajaran pada teknik informasi atau TKJ ( teknik komputer jaringan ), pastinya sudah pernah mendengar mengenai basis data.

Saya sarankan bagi anda para pelajar semua jika anda ingin belajar lebih lanjut mengenai dunia teknologi wajib mengetahui basis data untuk mempermudah anda dalam melakukan pemorgaman, untuk itulah kita disini belajar dari mulai yang paling dasar terlebih dahulu, ok langsung saja untuk menyingkat waktu kali ini materi TKJ akan menjelaskan mengenai Pengertian Basis Data. berikut keterangan lebih lanjutnya.

Pengertian / Definisi Basis Data

Secara umum untuk menjelaskan tentang pengertian basis data dapat ditinjau dari dua sisi,pengertian secara kharfiah dan pengertian secara istilah. Menurut pengertian secara kharfiah, basis data terdiri dari dua kata yaitu basis dan data. Basis dapat diartikan sebagai suatu markas atau gudang, tempat bersarang atau tempat berkumpul.

pengertian basis data

Data dapat diartikan merupakan representasi dari fakta dunia yang mewakili suatu obyek (manusia, barang, peristiwa, keadaan dsb) yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.Adapun menurut pengertian secara istilah, terdapat beberapa definisi yaitu sebagai berikut :

  1. Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yangdiorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah
  2. Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redundancy) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan
  3. Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan tertentu.
  4. Kumpulan data, yang dapat digambarkan sebagai aktifitas dari satu atau lebih organisasi yang berelasi. 

Definisi Basis Data Menurut Elmasri

Menurut Elmasri, penggunaan istilah basis data lebih dibatasi pada arti implisit yang khusus mempunyai beberapa pengertian, yaitu :

  1. Basis data merupakan penyajian suatu aspek dari dunia nyata (real word atau miniworld). Misalnya basis data perbankan, perpustakaan, pertanahan, perpajakan.
  2. Basis data merupakan kumpulan data dari berbagai sumber yang secara logika mempunyai arti implicit. Sehingga apabila data terkumpul secara acak dan tanpa mempunyai arti, tidak dapat disebut basis data.
  3. Basis data perlu diancanag, dibangun dan data dikumpulkan untuk suatu tujuan tertentu.
  4. Basis data dapat digunakan oleh beberapa pemakai dan beberapa aplikasi yang sesuai dengan kepentingan pemakai.
Nah sudah jelaskan mengenai definisi Basis data, untuk lebih lengkap mengenai materi basis data akan saya bahas lebih lanjut pada kesempatan mendatang, jangan lupa untuk selalu follow this blog untuk mendapatkan kumpulan materi tkj.

12 thoughts on “Pengertian Basis Data

  1. kalau menurut saya basis data adalah sekumpulan data terorganisir yang menyatakana atau terhubung pada suatu file tertentu untuk digunakan sesuai kebutuhan pengguna…karena dalam basis data biasanya hanya memuat satu file data yang bisa terbagi dalam beberapa jenis atau turunan data tersebut…dia terstruktur dan diperuntukkan terhadap keperluan tertentu pula mas…walau acak namun berujuk pada satu data global dalam pemakaiannya….

  2. pengertian yang mbah dinan sebutkan diatas juga benar mbah, tetapi uraian diatas saya jelaskan agar mereka minimal tahu definisi awal dari berbagai pendapat

Comments are closed.