HOME

Fungsi Sistem Operasi

Posted at August 8th, 2015 | Categorised in Materi TKJ, Sistem Operasi Komputer, Sistem Operasi Windows

Jika pada kesempatan yang lalu dalam materi tkj sudah saya bahas secara lengkap mengenai pengertian sistem operasi, untuk menambah wawasan anda dalam dunia komputer khususnya bagi siswa siswi yang sekolah di SMK jurusan TKJ, TI dan sebagainya yang berhubungan dengan komputer, mari kita bahas lebih lanjut mengenai apa fungsi sistem operasi itu?

Memang jika kita pahami sistem operasi merupakan sebuah sistem yang berperan aktif dalam pemrogaman komputer untuk bisa menjalankan semua fungsi dari perangkat lunak komputer untuk bisa berfungsi sebagai mana mestinya.

Langsung saja untuk menambah wawasan kita semuanya tidak akan saya perpanjang untuk urainannya, berikut fungsi sistem operasi, anda bisa membacanya lebih lanjut melalui uraian yang akan saya berikan;

Fungsi Sistem Operasi

Pada dasarnya, tanpa memperhatikan ukuran dan kompleksitas komputer dan sistem operasinya, Sistem operasi memiliki fungsi dasar sebagai berikut.

Manajemen File dan Folder

Sistem operasi membangun struktur file dalam media penyimpanan
komputer, data pengguna dapat disimpan dan diambil kembali. Ketika sebuah file disimpan, sistem operasi  menyimpannya  dengan memberikan  nama  file  serta mengingat dimana lokasi penyimpanannya untuk penggunaan di masa yang akan datang.

Manajemen Aplikasi

Ketika pengguna mengeksekusi sebuah program, sistem operasi mengarahkan lokasi aplikasi dan memasukkannya ke memori utama yaitu  RAM.  Semakin  banyak program yang dijalankan, sistem operasi   harus   mengalokasikan resource dari komputer.

Mendukung program utility

fungsi sistem operasi

Sistem operasi menggunakan utility untuk perawatan dan perbaikan. Program utility membantu untuk
mengidentifikasi masalah, mencari file yang hilang, memperbaiki file yang rusak dan backup data. Salah satu utility yang disertakan pada sistem operasi Windows adalah disk defragmenter bisa anda lihat melalui gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya;

Mengatur perangkat keras komputer

fungsi sistem operasisistem operasi berada di antara aplikasi dan BIOS ( basic input output system). setiap aplikasi yang membutuhkan resource perangkat keras harusmelalui sistem operasi terlebih dahulu untuk dapat mengkasesnya. seperti terlihat pada gambar dibawah ini;
Pada gambar diatas terlihat bahwa sistem operasi mengakses hardware melalui BIOS atau device driver. beberapa aplikasi dapat juga langsung melakukan akses terhadap hardware tanpa melalui BIOS.
Berdasarkan Gambar diatas juga terlihat bahwa jika pengguna ingin mengakses perangkat keras maka ia dapat berinteraksi melalui aplikasi terlebih dahulu atau berinteraksi dengan sistem operasinya.Semua program aplikasi ditulis untuk sistem operasi yang spesifik. Program yang ditulis untuk Linux tidak akan bekerja pada sistem operasi Windows dan begitu juga sebaliknya. Dengan adanya sistem operasi, programmer dapat  membuat  perangkat  lunak aplikasi tanpa harus memikirkan akses menuju perangkat keras.

Peranan dan Fungsi Sistem Operasi 

Sistem Operasi mempunyai fungsi dan peranan yang sangat penting dalam sistem komputer. Peranan dan fungsi sistem operasi tersebut antara lain ialah :

  1. Sebagai kernel, yaitu program yang secara terus-menerus berjalan (running) selama komputer dijalankan.
  2. Sebagai Guardian: yaitu menyediakan kontrol akses yang melindungi file dan memberikan pengawasan kepada proses pembacaan, penulisan atau eksekusi data dan program..
  3. Sebagai Gatekeeper: mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (log) kedalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang dapat mereka kerjakan ketika telah log dalam sistem.
  4. Sebagai Optimizer: Mengefisienkan perangkat keras komputer sehingga nyaman untuk dioperasikan oleh pengguna, menjadwal input oleh pengguna, pengaksesan basis data, proses komunikasi, dan pengeluaran (output) untuk meningkatkan kegunaan.
  5. Sebagai Coordinator : menyediakan fasilitas sehingga aktivitas yang kompleks dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.
  6. Sebagai Programm Controller program pengontrol yaitu program yang digunakan untuk mengontrol program aplikasi lainnya.
  7. Sebagai Server: untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan pengguna, baik secara eksplisit maupun implisit, seperti mekanisme akses file, fasilitas interupt.
  8. Sebagai Accountant: mengatur waktu CPU (CPU time), penggunaan memori, pemanggilan perangkat I/O (masukan/keluaran), disk storage dan waktu koneksi terminal.
  9. Sebagai interface (antar muka) yang menjembatani pengguna dengan perangkat keras, menyediakan lingkungan yang bersahabat dan mudah digunakan (User Friendly). Sehingga pengguna tidak dirumitkan oleh bahasa mesin atau perangkat level bawah
  10. Sistem resources manager : yaitu sebagai pengelola seluruh sumber daya sistem komputer.
  11. Sebagai Virtual Machine, yang menyediakan layanan seperti menyembunyikan kompleksitas pemrograman dan menyajikan fasilitas yang lebih mudah untuk menggunakan hardware.
Nah sudah jelas kan bahwa dalam sistem operasi mempunyai peran dan fungsi yang berbeda pula, untuk lebih lengkap mengenai sistem operasi tunggu saja update berikutnya ya, cukup sekian dulu apa yang bisa materi tkj sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat, terimakasih
Tags :

Related Post to Fungsi Sistem Operasi

Cara Merubah PDF Ke Word Dengan Mudah Secara Offline Dan Online

Posted at November 9, 2016

Kali ini masih dalam dunia komputer dan belajar software saya akan infokan kepada anda semuanya mengenai Cara Mudah PDF ke Words Dengan Mudah, sebenarnya... Read More

Cara Membuat Kabel UTP Straight Atau Cross Over

Posted at November 8, 2016

Pada Jaringan biasanya menggunakan 3 model kabel yaitu , UTP, Coaxial dan Fiber Optik, sedangkan pada model rangkaian Kabel UTP atau model twisted pairs... Read More

Langkah Langkah Setting Port Forwading

Posted at September 14, 2016

Seting Port Forwarding pada MikrotikРUntuk port forwarding dalam mikrotik ini kita akan menggunakan DSTNAT (Destination NAT) yaitu NAT  yang dilakukan pada paket yang... Read More

Pengertian Dan Keuntungan Dari Aplikasi Port Forwarding

Posted at September 13, 2016

Port Forwarding– salah satu fitur pada Router yang menggunakan fungsi NAT (Network Access Translation) yang mengalihkan (redirect) permintaan komunikasi dari salah satu IP Address... Read More

Perbedaan Dari Sleep Dan Hibernate Pada Windows

Posted at September 12, 2016

Perbedaan Dari Sleep Dan Hibernate pada Windows– Seperti yang kita ketahui, di setiap Sistem Operasi pastinya memiliki utilitas Power, entah itu Shutdown, Restart, Sleep,... Read More