Jenis-Jenis Firewall

Posted on

Firewall | Setelah anda mengenal apa itu firewall, selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah mengenai jenis-jenis firewall, Dalam jaringan komputer, khususnya yang berkaitan dengan aplikasi yang melibatkan berbagai kepentingan, akan banyak terjadi hal yang dapat mengganggu kestabilan koneksi jaringan komputer tersebut, baik yang berkaitan dengan hardware (pengamanan fisik, sumber daya listrik) maupun yang berkaitan dengan software (sistem, konfigurasi, sistem akses, dll). Untuk lebih jelasnnya anda bisa menyimak lebih lanjut yang akan materi tkj dan belajar komputer sampaikan dengan tema jenis-jenis firewall. berikut rinciannya;

Jenis-Jenis Firewall

Firewall dapat dibedakan berdasarkan caranya bekerja. dan ada 4 jenis firewall dan untuk Jenis-jenis firewall tersebut adalah :

  1. Packet Filtering Gateway
  2. Application Layer Gateway
  3. Circuit Level Gateway
  4. Statefull Multilayer Inspection Firewall
Untuk penjelasan lebih lengkap dari tiap macam-macam firewall di atas akan saya terangkan lebih lanjut dibawah ini;

Packet Filtering Gateway

http://materitkj11.blogspot.com/Packet filtering gateway dapat diartikan sebagai firewall yang bertugas melakukan filterisasi terhadap paket-paket yang datang dari luar jarigan yang dilindunginya. Filterirasi paket ini hanya terbatas pada sumber paket, tujuan paket, dan atribut-atribut dari paket tersebut, misalnya paket tersebut bertujuan ke server kita yang menggunakan alamat IP 202.51.226.35 dengan port 80. Port 80 adalah atribut yang dimiliki oleh paket tersebut. Seperti yang terlihat pada gambar 11.4, firewall tersebut akan melewatkan paket dengan tujuan ke Web Server yang menggunakan port 80 dan menolak paket yang menuju Web Server dengan port 23.
Bila kita lihat dari sisi arsitektur TCP/IP, firewall ini akan bekerja pada layer internet. Firewall ini biasanya merupakan bagian dari sebuah router firewall. Software yang dapat digunakan untuk implementasi packet filtering diantaranya adalah iptables dan ipfw.

Application Layer Gateway

http://materitkj11.blogspot.com/
Web server dengan Firewall
Model firewall ini juga dapat disebut Proxy Firewall. Mekanismenya tidak hanya berdasarkan sumber,Mekanisme lainnya yang terjadi adalah paket tersebut tidak akan secara langsung sampai ke server tujuan, akan tetapi hanya sampai firewall saja. 
Selebihnya firewall ini akan membuka koneksi baru ke server tujuan dan atribut paket, tapi bisa mencapai isi (content) paket tersebut. tujuan setelah paket tersebut diperiksa berdasarkan aturan yang berlaku.
Bila kita melihat dari sisi layer TCP/IP, firewall jenis ini akan melakukan filterisasi pada layer aplikasi (Application Layer).
http://materitkj11.blogspot.com/
Proxy Firewall dilihat pada Model TCP/IP

Circuit Level Gateway

Model firewall circuit level gateway ini bekerja pada bagian Lapisan Transport model referensi TCP/IP. Firewall ini akan melakukan pengawasan terhadap awal hubungan TCP yang biasa disebut sebagai TCP Handshaking, yaitu proses untuk menentukan apakah sesi hubungan tersebut diperbolehkan atau tidak. Bentuknya hampir sama dengan Application Layer Gateway, hanya saja bagian yang difilter terdapat ada lapisan yang berbeda, yaitu berada pada layer Transport.
http://materitkj11.blogspot.com/
Circuit Level Gateway dilihat pada Model TCP/IP

Statefull Multilayer Inspection Firewall

Model firewall ini merupakan penggabungan dari ketiga firewall sebelumnya. Firewall jenis ini akan bekerja pada lapisan Aplikasi, Transport dan Internet. Dengan penggabungan ketiga model firewall yaitu Packet Filtering Gateway, Application Layer Gateway dan Circuit Level Gateway, mungkin dapat dikatakan firewall jenis ini merupakan firewall yang,memberikan fitur terbanyak dan memberikan tingkat keamanan yang paling tinggi.
http://materitkj11.blogspot.com/
Statefull Multilayer Inspection Firewall dilihat pada Model TCP/IP
Demikian materi tkj dan belajar komputer kali ini mengenai jenis-jenis firewall, tunggu update selanjutnya ya,terimakasih

Incoming search terms:

6 thoughts on “Jenis-Jenis Firewall

  1. biasanya memang seperti itu mas, firewall di gunakan untuk memfilter koneksi yang masuk dan biasanya ada proteksi dan limit badwitch pada pengeturan routherboard yang dipakai

  2. saya mau tanya mas
    apa penting dilakkan untuk mnengaktifkan firewall pada komputer yang hanya dipakai oleh saya sendiri. makasih dan ditunggu jawabannya.
    maaf kalau pertanyaan saya OOT

  3. Penting banget mbak, karena untuk memfilter proses masuk dan memberikan proteksi pada komputer khususnya untuk aktifitas browsing atau terhubung dengan internet, karena virus bisa masuk atau malware bisa masuk jika tidak ada proteksi apda pc / laptop. trims

Comments are closed.