Mengenal Tipe Data Pada Pemrogaman Dasar

Posted on
Mengenal Tipe Data Pada Pemrogaman Dasar ~ Sobat semua dalam pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan pasti anda tidak lepas dengan materi yang satu ini yaitu mengenai materi pemrogaman dasar. dalam materi pemrogaman dasar ini ada beberapa kategori yang menjadi kunci dasar untuk kita pelajari agar kita lebih tahu dan mengenal untuk tingkat lebih lanjutnya, kali ini materi tkj dan belajar komputer akan mengenalkan kepada anda semua mengenai beberapa kategori tipe data pada pemrogaman dasar.

Tipe Data Pada Pemrogaman Dasar

Dalam belajar pemrogaman dasar perlu anda ketahui terlebih dahulu mengenai topik atau materi dasarnya yaitu mulai dari variabel yang ada dan juga mengenal beberapa tipe data yang digunakan untuk proses lanjut pemrogaman dasar. untuk itu dalam pembagian tipe data ada 5 kategori yang harus anda ketahui terlebih dahulu, beberapa tipe data dalam pemrogaman dasar adalah sebagai berikut ;

Pembagian tipe data 

1. char 

Tipe data char adalah tipe data berupa karakter dan memiliki jumlah bit sebanyak 8. Tipe data char biasanya digunakan untuk nama , alamat , jenis , dan lain – lain . Contoh :

char nama;


2. String

Merupakan sekumpulan dari beberapa karakter, yang banyaknya berubah -ubah sesuai kebutuhan,besarnya 1 s/d 255 karakter.

char nama[20];

3. int 

Tipe data int adalah tipe data bilangan bulat dan memiliki jumlah bit sebanyak 16 . Contoh:

int a; int b=2;

4. float

Tipe data float adalah tipe data bilangan pecahan ( pecahan persisi tunggal ) dan memiliki jumlah bit sebanyak 32. Contoh:

float z;
float w=3,5;

5. double

Tipe data double adalah tipe data bilangan pecahan ( pecahan persisi ganda ) dan memiliki jumlah bit sebanyak 64.
Demikianlah yang bisa materi tkj dan belajar komputer sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. terimakasih