Macam-macam Jaringan Komputer

Posted on
Macam-macam Jaringan Komputer | Dalam memahami berbagai jaringan komputer atau yang sering dikenal dengan koneksi internet ada berbagai jenis peralatan yang bisa digunakan untuk bisa di jadikan perantara agar koneksi jaringan bisa terhubung dengan baik, untuk lebih jelasnya pada kesempatan kali ini masih dalam materi TKJ dan belajar komputer yaitu dengan topik mengenai materi instalasi jaringan komputer, materi tkj dan belajar komputer akan berbagi kepada anda semuanya mengenai macam-macam jaringan komputer, berikut rinciannya ;

Macam-Macam Jaringan Komputer

Jaringan komputer dapat diklasifikasi kan menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. PAN ( personal Area Network)
  2. LAN (Local Area Network)
  3. MAN (Metropolitan Area Network)
  4. WAN (Wide Area Network)

Keempat klasifikasi diatas dapat dibedakan berdasarkan lingkup geografis host-host pengisinya, jenis media transmisi yang digunakan, termasuk didalamnya adalah konfigurasi interkoneksi medianya, serta aplikasi yang digunakan untuk pertukaran informasinya.Walaupun demikian, istilah LAN dan WAN lebih sering digunakan, sedangkan istilah MAN tidak banyak digunakan karena pengertian yang dikandung didalam istilah MAN tidak banyak digunakan oleh pengelola autonomous system (AS).

1. PAN (Personal Area Network)

Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang.Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut.Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter.PANs dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink).Personal area jaringan kabel mungkin dengan komputer bus seperti USB dan FireWire.A wireless personal area network (WPAN) juga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave dan ZigBee.

2. LAN

Local Area Network (LAN), yaitu jaringan komputer yang diimplementasikan dalam lingkup geografis terbatas. Komputer yang saling terhubung tergabung dalam satu network secara fisik maupun logika.Media implementasi jaringan yang digunakan pada Local Area Network (LAN) dibatasi hanya satu jenis, sehingga hal ini membatasi lingkup geografis dari LAN, yang radiusnya adalah sepanjang jangkauan maksimal dari media tersebut.
http://materitkj11.blogspot.com/
LAN adalah jaringan komputer yang mencakup area geografis lokal, seperti rumah, kantor atau kelompok bangunan. LAN sekarang lebih banyak menggunakan teknologi berdasar standar IEEE 802.3 Ethernet switch, atau IEEE 802.11 Wi-Fi, yang kebanyakan berjalan pada kecepatan 10, 100, atau 1000 Mbps (Gigabit Ethernet).
Perangkat yang digunakan untuk interkoneksi pada LAN, tergolong pada tiga jenis, yaitu Hub, Switch dan Bridge, walaupun secara kinerja Hub dan Swicth dapat dikaegorikan pada bridge.
http://materitkj11.blogspot.com/
3. MAN
Metropolitan Area Network (MAN), mempunyai cakupan geografis yang lebih luas dari batasan Local Area Network (LAN). Radius yang lebih luas ini ditentukan oleh media yang meingimplementasikan jaringan komputer ini, dimana dapat digunakan lebih dari satu jenis media. Contohnya berupa koneksi antar komputer pada satu lingkup perusahaan (satu pengelola teknis), seperti koneksi kantor pusat dengan kantor cabang yang masih terdapat dalam lingkup satu daerah.
Batasan dari Metropolitas Area Network (MAN) terletak pada kendali teknis jaringan komputer (traffic) yang hanya terdiri dari satu kendali teknis (autonomous systems), walaupun terdiri dari banyak network yang saling terkoneksi dalam satu batasan geografis kota.
Misalnya satu instansi dengan kantor pusat di Cimahi Tengah, mempunyai kantor cabang di daerah Cimahi Utara dan Cimahi Selatan. Walapun secara gografis jarak antar ketiga host berjauhan, namun karena berada dalam satu batas geografis kota, dan yang lebih utama karena ketiga host/jaringan ini terpusat pada satu kendali teknis (satu autonomous system), maka jaringan yang menghubungkan ketiga kantor ini termasuk kedalam klasifikasi Metropolitan Area Network (MAN).
4. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), merupakan integrasi dari banyak network yang saling terhubung dengan menggunakan media dan teknologi yang beragam. Kendali teknisnya pun sangat banyak, selanjutnya setelah dimuati berbagai aplikasi, jaringan komputer ini dikenal dengan nama Internet.
http://materitkj11.blogspot.com/

 

Jaringan Komputer dengan implementasi yang menggabungkan LAN, MAN dan WAN dapat disebut sebagai WAN.Perangkat yang digunakan untuk interkoneksi pada WAN diantaranya adalah router, WAN switching, modem, multiplexer dan banyak server komunikasi untuk beberapa aplikasi jaringan komputer.untuk info lengkap jaringan bisa anda baca juga Macam-macam koneksi WAN

5 InternetSebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya.

Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak compatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

Demikian yang bisa materi tkj dan belajar komputer sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Macam-macam Jaringan Komputer , semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan dan ingin memperdalam pengetahuan dalam bidang komputer maupun jaringan komputer. terimakaish