Trouble Shooting Perangkat Lunak I/O

Posted on
Sebagai penambah pengetahuan mengenai tehnik dasar komputer anda harus tahu mengenai penanganan masalah pada komputer. berikut cara trouble shooting perangkat lunak I/O yang mungkin bisa menambah pengetahuan anda.
PC yang melewati POST (Power On Self-Test) dianggap secara hardware dan instalasinya baik. Tetapi untuk mengetahui kemampuan dan kinerjanya perlu dilaksanakan tes. Khusus untuk perangkat keras, PC menyediakan saluran Input/Output, diantaranya yaitu:
~ Serial Port yaitu saluran yang menyalurkan data input/output secara serial atau COM.
~ Paralel Port yaitu saluran yang menyalurkan data input/output secara paralel atau LPT.
~ USB Port atau Universal Serial Bus yaitu port serial yang bersifat Universal (umum)
~ Expantion Slot yaitu yang digunakan untuk menancapkan (memasang) Card Peripheral tambahan. Contohnya slot: ISA, EISA, PCI, AGP, PCIexpress (PCIe 1x dan PCIe 16x)
~ Selain itu termasuk juga saluran atau port PS2 untuk mouse dan keyboard, VGA dan lain lain yang terhubung dengan peralatan di luar.
Pada saat POST dilakukan sebenarnya sebagian peralatan I/O sudah dicek, tetapi untuk lebih mudah dalam memeriksa dan mengenali permasalahan pada I/O bisa kita lakukan pada saat di dalam sistem operasi dengan cara mencoba fungsi-fungsinya.
I/O bekerja sebagai sebuah perangkat keras yang di kontrol oleh perangkat lunak untuk menyalurkan data data digital. Sehingga baik perangkat keras maupun perangkat lunak akan saling mendukung kerja I/O. Di sini POST akan mencatat dan menguji unit I/O yang terpasang dan sistem operasi akan mengaktifkan fungsi-fungsi I/O tersebut agar dapat digunakan untuk program aplikasi.
Ada gejala yang timbul sebagai tanda adanya masalah pada unit pada I/O sangat beraneka macam, seperti: alat tidak bekerja dengan baik, informasi di layar, kode beep, dan lain-lain.