Cara Service Monitor Samsung Syncmaster 551v Menu Keluar Terus

Posted on

Selamat datang kepada para pengunjung baru di blog ini. Semoga posting materi yang saya tulis dapat membantu anda semua dalam menangani masalah komputer anda. Berikut ini saya akan coba tulis tentang Cara Service Monitor Samsung Syncmaster 551v Menu Keluar Terus. Mau tahu caranya ….?

Monitor samsung Syncmaster 551v adalah monitor yang cukup populer di Indonesia. Monitor ini umurnya sudah cukup tua untuk kondisi sekarang ini (sekitar 8 tahunan ), sehingga banyak sekali kerusakan yang terjadi karena faktor umur ini.

Macam kerusakan Monitor Samsung Sycmaster 551v antara lain sebagai berikut :

1. Monitor Mati Total / Kadang mati kadang nyala / tombol power on susah
Kerusakan ini kebanyakan di timbulkan oleh solderan yang retak pada saklar on/off di PCB monitor. Cara Servicenya : Solder Ulang di bagian saklar on/off nya.

2. Monitor Blank dengan warna putih polos di layar dengan sedikit pelangi di bawah.
Kerusakan ini disebabkan oleh solderan IC vertikal yang retak. Dan kerusakan seperti ini tidak hanya terjadi di monitor Samsung Syncmaster 551v saja, tapi pada monitor merk lain, banyak juga terjadi kasus ini. Ini pernah saya ulas di posting ini.

3. Menu di monitor Samsung Syncmaster 551v keluar / muncul terus ( muncul sendiri ) walaupun tidak di tekan. Kerusakan ini juga sering terjadi, dan ini yang akan saya bahas.

Cara Service Monitor Samsung Syncmaster 551v Menu Keluar Terus :

1. Bongkar monitor dan lepas papan besi dengan papan PCB nya.

2. Lihat blok di dekat IC Program / IC Utama / IC yang paling besar.
IC ini bekerja dengan tegangan 5 volt. Jika tegangannya kurang atau lebih maka kerja IC menjadi tidak normal. Dan hal inilah yang menyebabkan menu monitor samsung ini muncul terus walaupun tidak kita tekan.

3. Cek tegangan 5 volt untuk IC Program ini. Anda dapat cek di pin IC program yang ada tulisannya vcc ( tegangan kerja ).

4. Jika tidak 5 volt (misalkan 4 volt atau 7 volt), maka cari IC 7805 yaitu IC yang berfungsi menurunkan tegangan 12 volt dari power supply menjadi 5 volt untuk tegangan kerja IC Program. Letaknya ada di dekat IC program, bentuknya biasanya kecil seperti gambar di bawah ini.


5. ganti IC 7805 yang cacat / rusak itu dengan yang baru. Anda tidak harus mengganti dengan yang ukuran kecil, ukuran besar juga nggak apa-apa yang penting serinya 7805. Contohnya seperti gambar di bawah ini :


6. Nyalakan monitor dan kalau masih muncul menunya, tekan tombol exit sekitar 2-5 menit sampai menunya hilang.

7. Selesai dan tutup kembali monitor anda.

Selamat mencoba ……